Airlangga Bukber dengan Petinggi Koalisi Perubahan, Sinyal Golkar Dukung Anies Baswedan

Partai Golkar memberikan sinyal mendukung Anies Baswedan dengan hadirnya Airlangga Hartarto di acara buka bersama (bukber) dengan petinggi Koalisi Perubahan di Kantor DPP NasDem.

Demikian dikatakan pengamat politik Muhammad Huda dalam pernyataan kepada redaksi www.suaransional.com, Senin (27/3/2023). “Surya Paloh sedang memainkan politik menarik Golkar di Koalisi Perubahan,” paparnya.

Kata Huda, dalam acara buka bersama itu, petinggi PKB, PAN, PAN, Gerindra, PDIP tidak diundang. “Surya Paloh pernah menjadi pengurus Golkar sehingga sangat mudah mengajak Airlangga bergabung di Koalisi Perubahan. Apalagi dalam acara itu, datang juga Jusuf Kalla,” paparnya.

Huda mengatakan, kader Golkar di bawah sudah menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan. “Go Anies merupakan akar rumput Golkar mendukung Anies. Basis massa Go Anies tidak bisa diragukan lagi,” jelas Huda.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengakui bahwa pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower dalam acara buka puasa bersama (bukber) Sabtu (25/3/2023) turut membahas kemungkinan adanya koalisi besar.

Hal ini disampaikannya ketika ditanya apakah pertemuan tersebut sarat lobi-lobi politik untuk memperbesar koalisi. “(Pertemuan) memperdalam kemungkinan-kemungkinan untuk bisa melakukan kerja sama, itu saja,” kata Doli ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2023).

Doli menyatakan, pertemuan dengan Surya Paloh tentu tak dilakukan sekali.

Untuk membangun kerja sama, jelas Doli, diperlukan pertemuan sebanyak mungkin dengan tokoh-tokoh partai politik. “Enggak bisa sekali ketemu. Banyak yang diperbincangkan, didiskusikan untuk menyamakan visi dan platform itu. Jadi diskusinya panjang dan bisa berkali-kali,” jelasnya.