Ambrosius Mulait: Hanya di Era Jokowi Terjadi Kriminalisasi Pastor & Aktivis

Di era Rezim Joko Widodo (Jokowi) terjadi kriminalisasi terhadap aktivis seperti dialami Haris Azhar dan Fathia. Pastor Paschal mengalami kriminalisasi setelah membongkar perdagangan manusia di Batam.

“Hanya zaman Presiden Jokowi kriminalisasi pastor dan aktivis,” kata mantan tahanan politik kasus Papua, Ambrosius Mulait di akun Twitter-nya @Mulalt_, Rabu (8/3/2023).

Badan Intelijen Negara daerah Kepulauan Riau (Kepri) melaporkan aktivis HAM Batam Pastor Chrisanctus Paschalis Saturnus atau romo Paschal ke Polda Kepri pada Senin (7/2/2023).

Laporan ini dibuat oleh Wakil Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Wakabinda) Kepri, Bambang Prianggodo karena pihaknya merasa dirugikan dengan surat yang disebarluaskan Romo Paschal ke sejumlah instansi pemerintahan yang ada di Kepri.

Ade Darmawan, kuasa hukum Wakabinda Kepri mengatakan, Romo Paschal yang juga Ketua Komisi Keadilan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau (KKPPMP) dilaporkan terkait penyebaran berita bohong, fitnah, dan pencemaran nama baik.

Pasalnya, Bambang Prianggodo dituduh membekingi sindikat mafia pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) ke Malaysia secara ilegal.

Ade menjelaskan, surat yang berisi pencemaran nama baik itu disebarkan Romo Paschal ke 12 instansi hingga akhirnya Bambang mengetahui informasi soal surat tersebut. “Akhirnya klien kami mendapat informasi soal surat itu melalui surat yang disebarluaskan ke berbagai instansi terkait,” ujar Ade dihubungi melalui telepon, Jumat (10/2/2023)