Rafael Miliki Rekening Rp500 Miliar, Muslim Arbi: Dugaan Ada Mafia di Kemenkeu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diduga ada mafia dengan temuan rekening Rp500 miliar milik Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya.

“Rafael ini yang baru ketahuan, kemungkinan ada yang lain. Ini diduga ada mafia di Kemenkeu yang harus dibongkar terutama dalam menangani pajak-pajak perusahaan besar,” kata Muslim Arbi dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (7/3/2023).

Menurut Muslim, Rafael pegawai pajak eselon III memiliki harta Rp500 miliar menunjukkan tidak berjalannya sistem pengawasan di Kemenkeu. “Inspektorat di Kemenkeu tidak berjalan. Harusnya para pegawai yang dicurigai mempunyai harta tak wajar segera diselidiki dan ada penindakan,” paparnya.

Kata Muslim, terbongkarnya harta Rafael menjadi momentum Kemenkeu melakukan pembersihan terhadap seluruh pegawainya. “Sri Mulyani jangan hanya retorika dalam melakukan pembersihan di Kemenkeu,” tegas Muslim.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkapkan bahwa total uang yang tersimpan dalam puluhan rekening pejabat pajak Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo, mencapai Rp 500 miliar.

Menurut Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, rekening yang dikumpulkan PPATK tersebut saat ini sudah diblokir. Adapun, rekening yang diblokir ini terdiri dari rekening pribadi Rafael, istrinya, serta putranya Mario Dandy Satrio, dan perusahaan atau badan hukum.

“Nilai transaksi yang kami bekukan nilainya D/K (Debit/Kredit) lebih dari Rp500 miliar dan kemungkinan akan bertambah,” kata Ivan, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (7/3/2023).