Sebut Pengajian Hasilkan Ibu-ibu Berpengetahuan, Anies Baswedan Sindir Megawati?

Bakal calon presiden 2024 Anies Baswedan menghadiri acara Tasyakur Milad ke-42 Badan Kontak Majelis Taklim atau BKMT di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan Anies itu diunggah dalam akun Instagram resminya pada Selasa, 21 Februari 2023.

Dalam unggahannya, Anies menampilkan foto di tengah ibu-ibu yang menghadiri acara Milad BKMT itu. Mantan Gubernur DKI itu menuliskan kekagumannya terhadap sosok Tuty Alawiyah yang disebut mampu memimpin majelis taklim hingga jadi BKMT dengan jangkauan ke seluruh Indonesia.

Di sisi lain, Anies menyebut Tuty juga seorang Ibu yang hebat dalam mendidik anak-anaknya. Anies mengaku mengenal anak-anak Tuty, seperti Dailami Firdaus, serta para saudaranya dan menyebut mereka sebagai pribadi yang berhasl di bidangnya.

“Tak hanya itu, mereka juga amat guyub serta saling support,” kata Anies dalam akun Instagramnya, Selasa, 21 Februari 2023.

Dalam unggahannya, Anies menyebut BKMT sudah 42 tahun jadi teladan keberhasilan pendidikan dalam keluarga. Badan Kontak Majelis Taklim, kata dia, menjadi bukti bahwa pengajian menghasilkan ibu-ibu yang berpengetahuan.

Anies menyebut ibu-ibu ini juga punya bekal untuk mendidik anak-anaknya serta membuat rumah yang mencerminkan nilai Islam. Akhlak baik anak disebut Anies muncul dari rumah yang dibangun ibu-ibu ini.

“Terima kasih sudah diundang, dan terima kasih atas buku sebagai penghargaan, insya Allah BKMT semakin maju dan seluruh kebaikan dari BKMT menjadi catatan amal jariyah Allohuyarham Ibu Tuty Alawiyah,” kata Anies.

Unggahan Anies ini muncul setelah beberapa hari sebelumnya, Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri mengkritik ibu-ibu yang suka ikut pengajian, namun lalai dalam mengurus anak-anak mereka.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP itu saat berbicara mengenai upaya pencegahan stunting dan peran ibu terhadap perkembangan anak.

Sebelum menyampaikan kritik, Megawati dua kali menyebutkan ucapan beribu maaf kepada yang mendengar. Ia berharap kritik ini tidak membuat dia di-bully alias dihakimi.

“Saya lihat ibu-ibu tuh ya, maaf ya, sekarang kan kayaknya budayanya, beribu maaf, jangan lagi nanti saya di-bully, kenapa toh senang banget ngikut pengajian. Iya lho, maaf beribu maaf,” kata Mega di Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023.

“Saya sampai mikir gitu, ini pengajian ki sampai kapan to yo, anakke arep diapake (anaknya mau diapain?)” ujar Ketua Umum PDI Perjuangan ini.

Mega tidak mempersoalkan ibu-ibu mengikuti pengajian karena dirinya pun juga pernah ikut pengajian. Ia hanya ingin ibu-ibu tetap memperhatikan anak-anak mereka.

Oleh sebab itu, Mega berencana menyampaikan permintaan khusus kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

“Tolong bikin manajemen rumah tangga kekeluargaan,” kata Mega dalam acara Kick Off Meeting Pancasila Dalam Tindakan Gerakan Semesta Berencana Mencegah Stunting, Kekerasan Seksual pada Anak dan Perempuan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga, serta Mengantisipasi Bencana.