Sebut Jokowi Lahir dari Rahim Reformasi 98, Aktivis Malari 74: Erick Thohir Ngawur

Erick Thohir membuat pernyataan tidak berdasarkan sejarah dengan menyebut Joko Widodo (Jokowi) dilahirkan dari rahim Reformasi 98.

“Jokowi tidak dikenal dalam pergerakan Reformasi 98. Selama Orde Baru juga tidak pernah melawan Soeharto. Namun Jokowi disebut Erick Thohir lahir dari rahim Reformasi 98. Ini namanya ngawur,” kata Aktivis Malari 74 Salim Hutadjulu kepada redaksi www.suaranasional.com, Senin (20/2/2023).

Menurut mantan tahanan politik era Soeharto, Jokowi menjadi pemimpin hasil pencitraan di media massa termasuk kebohongan mobil gaib Esemka. “Jokowi itu tidak tertempa dalam kepemimpinan selama Orba,” jelas Salim.

Salim mengatakan, Jokowi hanya menjadi penumpang gelap Reformasi 98 sehingga mendapat jabatan Presiden. “Kalau mempunyai jiwa Reformasi 98 tentunya tidak akan melemahkan KPK, melahirkan KUHP baru yang penuh kontroversi, Omnibus Law UU Cipta Kerja,” ungkap Salim.

Sebelumnya, Erick Thohir menyebut reformasi 98 telah melahirkan banyak tokoh nasional. Menurut Erick, salah satunya adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Tokoh-tokoh yang selama ini tidak pernah terpikir apa dan kenapa, siapa dan di mana, tapi lahir menjadi pemimpin bangsa. Salah satunya siapa? Pak Joko Widodo,” kata Erick Thohir di Graha PENA 98, Jakarta kemarin, Ahad, 19 Februari 2023.