Dubes AS Kunjungi PKS, Muslim Arbi: Tak Lepas Pencapresan Anies Baswedan

Duta Besar Amerika Serikat (AS) Sung Yong Kim menyambangi DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Rabu (15/2) tidak dilepaskan partai itu mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden 2024.

“Saya melihat kunjungan Dubes AS ke PKS terkait pencapresan Anies Baswedan. AS menginginkan Indonesia tidak lebih condong ke China dan harapan itu ada di tangan Anies,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (16/2/2023).

Menurut Muslim, Dubes AS melihat PKS mempunyai basis massa Islam yang bisa memenangkan Anies Baswedan di Pilpes 2024. “Apalagi Anies sendiri lulusan PhD dari Amerika Serikat,” papar Muslim.

Kata Muslim, secara geopolitik, Amerika Serikat ingin mengimbangi kekuatan China di Indonesia yang begitu kuat di bawah Rezim Jokowi. “Sangat menarik pertarungan Pilpres 2024 akan menjadi dua kubu pro China dan AS,” jelas Muslim.

Selain itu, ia mengatakan, kunjungan Dubes AS ke PKS bisa menepis partai ini dituding radikal dan pendukung terorisme. “PKS menjadi partai Islam modern yang tidak radikal sebagaimana yang dituduhkan berbagai pihak,” ungkap Muslim.