KH Ahmad Badawi dari Kudus: Gus Muhaimin Calon Presiden 2024

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) menjadi calon presiden bagi warga Nahdlatul Ulama (NU).

“Kalau Gus Muhaimin calon Presiden atau Wakil Presiden sudah final. Tinggal Gus Yusuf kita dorong sebagai Gubernur,” tegas Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus KH Ahmad Badawi di Ponpes Syubbanul Wathon di lingkungan Ponpes API Tegalrejo Magelang, Selasa (14/2/2023).

Para kiai, ujar Kiai Badawi, juga sepakat membentuk Ijtima’ Ulama Nusantara di tingkat Kabupatan/Kota se-Jateng ditambah para Ibu Nyai.

Kiai Badawi menambahkan, selain hasil ijtima’, para kiai juga akan menyampaikan rekomendasi itu secara langsung kepada Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, di Jakarta.

Sebelumnya, Ijtima Ulama Nusantara dilaksanakan oleh Dewan Syuro DPW PKB Jateng. Para kiai yang hadir di antaranya kiai sepuh, kiai Dewan Syura PKB, kiai struktural maupun kultural NU.

Selain itu juga kiai pengasuh ponpes dan para kiai yang telah terdaftar sebagai anggota Gerakan Nahdliyin Bersatu. Forum Ijtima’ Nusantara ini juga dihadiri oleh Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof KH Said Aqil Siradj.

Kemudian, Wakil Ketua Umum DPP PKB, Dr M Hanif Dhakiri, Ketua DPW PKB Jateng, KH M Yusuf Chudlori. Termasuk Pengasuh Ponpes API Tegalrejo, KH Nur Machin Chudlori, kiai muda dari Pekalongan, KH Ahmad Shohibul Ulum, sekretaris DPW PKB Jateng, serta para anggota FPKB DPRD Jateng, dengan total peserta mencapai 200 orang.