Gibran Naikkan PBB, Ketum Bara Api Indonesia: Kebijakan tak Pakai Mikir dan Memeras Rakyat

Kebijakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Gibran) memeras rakyat dengan menaikkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Kebijakan gak pakai mikir dengan memeras rakyat dengan alasan PAD @gibran_tweet,” kata Ketua Umum Bara Api Indonesia Iwan Riadi Tarigan di akun Twitter-nya @iwantarigan, Senin (6/2/2023).

Iwan mengatakan, Gibran harusnya menguatkan ekonomi rakyat Solo terlebih dulu sebelum menaikkan PBB. “Mendorong UMKM dan ekonomi kreatif. Dengan masyarakat kaya secara otomatis ekonomi naik dan pajak semakin tinggi,” paparnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tidak menutup kemungkinan adanya revisi dan penundaan kenaikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2023. Hal tersebut ia sampaikan usai menerima keluhan warga soal kenaikan PBB.

“Intinya masukan-masukan sudah kami terima. Kemungkinan untuk revisi atau penundaan pasti ada yang jelas keluhan dari warga yang keberatan kami tampung, kita tidak saklek (kaku),” kata Gibran kepada wartawan usai bertemu Fraksi PDIP DPRD Kota Solo di Balai Kota Solo, Senin (6/2/2023).

Gibran mengaku menerima keluhan dari masyarakat baik yang disampaikan melalui Unit Layanan Aduan Masyarakat (Ulas), media sosial, maupun melalui DPRD Kota Solo. Dari keluhan itu pihaknya akan melakukan evaluasi.

“Ya intinya tadi evaluasi masukan dari Pak Ketua Fraksi udah kami tampung keluhan-keluhan yang ada di sosmed dan melalui fraksi sudah kami tampung semua dan nanti akan kami evaluasi,” jelasnya.

Gibran mengaku sudah menerima masukan-masukan dari DPRD Fraksi PDIP itu. Sedangkan untuk kepastian apakah akan ditunda dan dicabut, Gibran meminta semua pihak menunggu dahulu.

“Jadi PAD harus baik dengan membebankan pajak kepada warga kami tidak seperti itu. Tadi masukkan dari Dewan bagus-bagus, dah kami tampung, ya tunggu wae (kepastian dicabut atau ditunda),” ujarnya

Mengenai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Solo, Gibran akan mengoptimalkan sumber-sumber yang ada.

“Tadi sudah dibicarakan di ruangan rapat masalah ekstensifikasi dan intensifikasi nanti kami akan explore lagi sumber-sumber dari mana saja kita kuatkan lagi,” terangnya.