Jalan Semakin Terbuka bagi Anies Baswedan

Sore hari Senin 30.01.2023, akhirnya PKS secara resmi mengkonfirmasi dukungannya pada Anies Baswedan. Soal bakal cawapres diserahkan pada AB sendiri, jadi PKS membebaskan pilihannya pada capres. Hal ini sama dengan yg dilakukan oleh PD dan Nasdem. Artinya AB diberikan kebebasan untuk memilih sendiri.

Dengan demikian maka tiket buat AB sudah jelas, tidak ada keraguan lagi. Terlambat sedikit tidak mengapa, tapi para pendukung AB dan rakyat umumnya, merasa lega.

Hanya saja, berita baik untuk pendukung AB, merupakan berita buruk untuk kubu lainnya. Tentu ketidaksukaan pada AB, semakin bertambah. Ada 2 kemungkinan, pertama serangan terhadap AB semakin gencar dan vulgar, kedua, kubu sebelah pasrah dan menyerahkan semua ke KPU. Medan perang yang sesungguhnya adalah di KPU. Oleh karena itulah, penjagaan terhadap AB dan tim pengawalan KPU harus diperkuat. Sekber harus dapat mengatur agar perlindungan pada AB harus maksimal.

Semoga aja kepastian calon wakilnya juga cepat diumumkan, agar menambah tidak menjadi polemik berkepanjangan.

Mulai hari ini Sekber harus mempersiapkan tim hukum, tim pengamanan, tim dan tim strategi. Kalau diperlukan ada tim kontra intelijen dan tim kontra buzzer.

Selamat buat PKS, selamat buat PD, selamat buat Nasdem dan selamat buat para Relawan non partai atas adanya kepastian lolos presidential treshhold. Semoga partai lain atau pecahannya ada yg mau gabung juga.

Bandung, 30 Januari, 2023
Memet Hakim
Pengamat Sosial
Ketua Wanhat APIB