Eks LMND Kota Pematang Siantar Bersikap Atas Tindakan Represif dan Arogan PTPN III

Masyarakat Kampung Baru kel, Gurilla kota Pematangsiantar Kembali mendapatkan Tindakan represif dari pihak keamanan PTPN III Kebun Bangun pada rabu 27 januari 2023. Masyarakat Kembali mengalami Tindakan kekerasan dan intimidatif dari pihak keamanan yang semakin brutal dengan melempar kerumunan massa memakai tanah keras dan bebatuan juga balok-balok kayu, Tindakan ini dinilai biadap dikarenakan tidak dilakukan dengan persuasive dalam penanganan masyarakat yang sedang berjuang dan bertahan untuk mendapatkan Kembali tanah mereka sebagai ruang hidup.

Kejadian bermula dari saat pihak PTPN III melakukan pengrusakan dan pembongkaran paksa rumah masyarakat menggunakan escavator, masyarakat yang melihat dan mengetahui bahwa Tindakan yang dilakukan oleh pihak PTPN III tersebut tanpa sepengetahuan dari masyarakat yang menempati rumah tersebut mencoba untuk menghadang laju escavator tersebut namun dihalangi oleh pihak keamanan PTPN III dengan mengayun-ayun kan balok kayu hingga mengenai beberapa ibu-ibu yang ikut dalam penghadangan. Dalam kejadian hari ini juga menyeret jatuhnya korban dengan luka fisik dialami oleh pendamping masyarakat dari sektor mahasiswa yang turut dalam aksi solidaritas yang dilakukannya, keberingasan pihak PTPN III bahkan sampai merusak sepeda motor yang dipakai oleh mahasiswa tersebut dan mengalami penganiayaan dan pengeroyokan disertai pengucapan Bahasa yang tidak pantas oleh keamanan PTPN III.

Kejadian yang sama sebenarnya sudah berulang kali dialami oleh masyarakat kampung Baru kel Gurilla Pematangsiantar, hal ini menjadi pemandangan sehari-hari dan dipertontonkan di depan anak-anak sehingga banyak yang mengalami tekanan psikologis dan traumatic terhadap anak-anak. Saling berkutat dengan pendapat masing-masing sebenarnya menjadi pemandangan yang biasa jika dua pihak sedang bersilang sengketa namun yang menjadi kekontrasan dari kejadian hari ini adalah pengerahan kekuatan berlebih dan tidak manusiawi kerap dilakukan oleh pihak PTPN III.

Baca juga:  BIN Lakukan Operasi Tertutup Memburu Koruptor

Ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi kota Pematangsiantar menyayangkan kejadian yang tidak manusiawi tersebut dan mengecam Tindakan-tindakan yang diambil oleh pihak PTPN III.

“Seharusnya pendekatan yang dilakukan oleh pihak PTPN III adalah dengan pola persuasive melalui langkah-langkah yang mengedepankan humanisme sebagai langkah konkrit sehingga tidak menimbulkan konflik yang semakin meluas dan kompleks sehingga dapat tetap menjaga keharmonisan sosial antara masyarakat dengan perusahaan maupun dengan pemerintah itu sendiri,” ujar Dofasep Hutahaean yang juga selaku koordinator Front Gerilyawan Siantar yang sampai hari ini masih komitmen dalam pendampingan terhadap masyarakat Gurilla.

Di tengah-tengah makin masifnya Tindakan represif yang dilakukan oleh PTPN III, cukup disayangkan juga atas sikap ketidakpedulian dari pemerintah kota Pematangsiantar yang terkesan tutup mata dan menyembunyikan kekacauan dan kekerasan yang terjadi di wilayah administrative kota Pematangsiantar. Para stakeholder terkait tidak ada melakukan ataupun memberikan respon terhadap kejadian yang telah berlangsung di kampung Baru kel, Gurilla. Bahkan mallah melakukan klaim bahwasanya kota Pematangsiantar dalam keadaan kondusif dan toleran dengan mengkampanyekannya di berbagai media, berbanding terbalik dengan apa yang terjadi hari ini di kota Pematangsiantar.

“Konflik struktural agraria di Indonesia terkhususnya di kota Pematang siantar tak kunjung jelas penyelesaiannya, lama-lama Pemerintah menganggap tuntutan masyarakat atas penyelesaian konflik agrarian sebagai hal yang biasa sehingga tidak memiliki proyeksi jelas untuk penyelesaiannya. Padahal konflik agraria terus memakan korban, mereka dikriminalisasi, direpresi serta kehilangan tanah, tempat tinggal dan ruang hidupnya. Dan salah satu aktor dan faktor yang berpengaruh adalah pemerintah yang dengan mudahnya memberikan izin, keputusan, dan dasar bukti lain kepada perusahaan yang menjadi akar perampasan lahan, namun enggan memberikan keputusan politik guna membela dan membebaskan masyarakat dari konflik berkepanjangan” imbuh Dofasep.

Baca juga:  Dukung Tuntutan Buruh di Aksi Bentrok PT GNI, LMND Minta Izin Perusahaan Dihentikan

Maka dari itu eks-LMND kota Pematangsiantar mengecam serta menyampaikan poin-poin terkait dengan kejadian dan perlakuan biadab PTPN III yakni.

1. Mengecam Tindakan represif pihak keamanan PTPN III pada Rabu, 27 januari 2023

2. Memulihkan stabilitas sosial masyarakat Kampung Baru pasca pengrusakan dan pemukulan terhadap masyarakat dan mahasiswa pendamping

3. Meminta pihak PTPN III menarik alat berat dan mobilisasi aparat keamanan (swasta maupun negara)

4. Hentikan segala bentuk Tindakan represif dan intimidatif terhadap masyarakat Kampung Baru kel, Gurilla Pematang Siantar

5. Meminta pemerintah kota Pematang Siantar dalam hal ini Walikota untuk melindungi dan memposisikan hak atas tanah bagi petani dan warga Kampung Baru sebagai prioritas sesuai tugas dan wewenang selaku penanggung jawab Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria.

“Negara dan pemerintah hanyalah alat untuk menyempurnakan kesejahteraan umum dan karena itu, negara tidak boleh bertentangan dengan kebutuhan kesejahteraan rakyat dalam pemenuhan hak eigendom sebagai salah satu syarat mutlak kesejahteraan,” tutup Dofasep Hutahaean.