Jadi Gubernur DKI, Gibran Mania: Gibran Bisa Atasi Banjir dan Macet Jakarta

Gibran Rakabuming Raka (Gibran) bisa mengatasi banjir dan macet Jakarta jika menjadi Gubernur ibu kota. Selama menjadi Wali Kota Solo, Gibran melakukan terobosan dalam bidang transportasi, penataan kota yang baik.

“Jika jadi Gubernur DKI, Gibran bisa mengatasi banjir dan kemacetaan ibu kota,” kata Koordinator Gibran Mania, Iwan Soedaryanto dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (24/11/2023).

Menurut Iwan, Gibran sangat layak menjadi Gubernur DKI Jakarta karena berpengalaman dalam memimpin Kota Solo. “Masyarakat Jakarta sangat mendukung Gibran menjadi Gubernur DKI,” jelasnya.

Iwan menyakini PDIP akan mengusung Gibran di pemilihan gubernur DKI Jakarta 2024. “Partai-partai lainnya akan mengusung Gibran menjadi calon Gubernur DKI Jakarta,” ungkap Iwan.

Berbagai relawan Gibran, kata Iwan akan membantu putra sulung Presiden Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta. “Para relawan Gibran akan berkolaborasi dengan partai politik untuk memenangkan Gibran di Jakarta,” paparnya.

Gibran mengatakan tak menutup kemungkinan dirinya akan maju. Dia menyatakan menyerahkan pencalonan dirinya kepada partai berlambang banteng tersebut. Dia juga menyatakan akan melihat terlebih dahulu apakah dia mendapatkan dukungan dari masyarakat ibu kota.

Baca juga:  Arteria Curigai Najwa Diuntungkan Kartu Prakerja, Eks Ketum PB HMI: Politisi Teriak karena tak Kebagian

“Yang memutuskan bukan saya. Kita tunggu keputusan dari partai, kita lihat dulu permintaan warga seperti apa. Kene duwe ambisi tapi ora dipilih warga kan yo percuma (Sini punya ambisi tapi tidak dipilih warga kan ya percuma)?” ucap Gibran kepada awak media di Balai Kota Solo, Kamis, 19 Januari 2023.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka menyatakan dirinya tidak punya rencana untuk maju pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2024 mendatang.

“Nggak, itu kan masih jauh,” kata Gibran kepada Tempo yang ditemui usai Salat Jumat di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Juni 2022.

Saat itu, Gibran enggan menanggapi lebih jauh bila ada partai yang mengajaknya maju pada Pilgub DKI Jakarta, Gibran menjawab dengan kembali melontarkan pertanyaan.

“Ditawarkan siapa? Emangnya ditawarkan? Ya, kan masih lama,” ujarnya.

Sekjen DPD PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono menyebutkan terdapat empat nama bakal calon gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2024 mendatang. Salah satunya putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming.

Baca juga:  Bos Cyrus Network: Anies tak Tobat dari Politik Identitas

Menurut Gembong, Gibran mampu melanjutkan kerja wali kota Solo terdahulu sehubungan dengan penataan Kota Surakarta. Gibran memang belum membuat prestasi besar, tapi dinilai telah menjaga kesinambungan dan menciptakan inovasi berupa penataan kota.

“Karena kalau bicara prestasi luar biasa, ya mereka baru berapa bulan menjabat sebagai wali kota,” kata Gembong saat dihubungi Tempo, Kamis malam, 12 Januari 2023.

Selain Gibran, tiga nama yang juga berpotensi sebagai calon gubernur potensial di Pilkada DKI 2024 yaitu Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma, Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi. Keempatnya merupakan kader dari partai PDI Perjuangan. Sepak terjang masing-masing di kursi pemerintahan terbilang ciamik.