KPU Tetap Gunakan Kotak Kardus di Pemilu 2024, Don Adam: Pakai Kantong Kresek Saja Bos

Pegiat media sosial Don Adam mengomentari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menggunakan kotak kardus di Pemilu 2024.

“Pakai kantong kresek saja bos,” kata Don Adam di akun Twitter-nya @DonAdam68, Jumat (30/12/2022).

Don Adam mengatakan seperi itu menanggapi berita dari CNN Indonesia berjudul “Pakai Kardus Pemilu, KPU Sebut Kotak Alumuniun Menggoda Buat Dicuri”.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan pemungutan suara Pemilu 2024 bakal kembali menggunakan kotak suara kardus.
Hasyim menyebut kardus kembali dipakai karena kotak suara alumunium bernilai tinggi sehingga mendorong orang untuk mencurinya.

“Kotak aluminum ini nilainya sangat menggoda, nilainya tinggi, sehingga mendorong orang menguasai tanpa hak dan dijual di luar,” kata Hasyim dalam acara Catatan Akhir Tahun 2022 di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (29/12).

Selain itu, Hasyim mengatakan kotak alumunium perlu perawatan. Hal itu memberatkan KPU karena anggaran perawatan tak selalu tersedia.

Dengan alasan-alasan itu, KPU lantas memilih kotak suara berbahan karton dupleks antiair. Menurut Hasyim, kotak suara ini lebih efisien dari segi anggaran.
Powered By

“Setelah pemilu dan coblosan selesai, kemudian dihapus dengan cara lelang dan hasilnya disetorkan ke kas negara,” ujar Hasyim.

Sebelumnya, kotak suara kardus digunakan dalam pemilihan sejak Pemilu Serentak 2019.

Keputusan tersebut sempat menuai kritik karena dikhawatirkan mempengaruhi keamanan suara. Namun, hal itu dibantah oleh KPU dengan memperlihatkan langsung kekuatan kotak suara.

Pada saat itu, Ketua KPU Arief Budiman duduk di atas kotak suara kardus. Dia menunjukkan bahwa kotak suara itu tak gampang rusak meski berbahan dasar karton.