Hentikan Usulan Dekrit kembali ke UUD 45 Asli di Era Presiden Jokowi

Oleh: Sutoyo Abadi (Koordinator Kajian Politik Merah Putih)

Aspirasi usulan  mengembalikan UUD 1945 ke naskah asli untuk kemudian disempurnakan dengan adendum, akan dikemas seolah olah untuk melawan Oligarki dan merontokkan UUD 2002.

Justru oleh penguasa akan dijadikan bargaining posisition dengan perpanjangan masa jabatan Presiden. Dibungkus ide dalam kemasan seolah Presiden akan memenuhi aspirasi masyarakat.

Dekrit kembali ke UUD 45 asli dengan adendum, dengan perpanjangan masa jabatan Presiden, akan nyasar ke Pasal 7 UUD45 naskah asli yang menyebutkan: “Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali.”
Interpretasi kalimatnya jelas:setelah masa jabatan pertama (5 tahun) , dapat dipilih kembali (untuk masa jabatan 5 tahun ke-2 ), hanya sekali lagi, akan diubah  boleh di pilih berkali kali.

Dalam rancangan adendum  UUD 1945 asli, menjadi tidak ada pembatasan jabatan Presiden. Seorang Presiden, bisa menjadi Presiden berkali-kali tanpa ada batasan periode jabatan, seperti yang terjadi di era Rezim Soeharto. Ide ini sangat mungkin juga mengikuti dan terinspirasi sukses Xi Jinping yang akan bisa menjadi Presiden seumur hidup.

Ide kembali ke UUD 1945 asli ini justru akan menjadi makanan dan santapan oligarki, Presiden  kembali berkali-kali dan tanpa perlu mengadakam Pilpres. Kekuatan finansial oligargi dipastikan akan membackup proses politiknya.

Gambaran skenarionya agar mudah ditangkap dan dipahami masyarakat luas, bahwa : Presiden Jokowi mengeluarkan dekrit yang isinya kembali ke UUD 1945 asli. Pemilu hanya untuk memilih Partai Politik, seperti era Orba. Pilpres cukup via MPR dimana syaratnya tidak ada lagi batasan 2 periode jabatan Presiden. Jokowi maju  Capres lagi dan dimenangkan secara aklamasi oleh MPR RI.

Masyarakat luas tidak boleh lengah oleh manuver beberapa pejabat negara  dengan cara apapun termasuk tawaran amandemen terbatas setelah kembali ke UUD 45 asli, sepanjang akan dilaksanakan di era Jokowi akan membawa konsekuensi yang berbahaya.

Sebelumnya telah saya tulis tercium Prediksi jahat masa perpanjangan masa jabatan Presiden, bukan asal asalan tanpa referensi dan data yang dimiliki oleh kajian politik Merah Putih, itu jebakan politik akan terjadi kalau kita tidak waspada.

Dengan kembali ke UUD 1945, seolah rezim mengikuti aspirasi rakyat, ternyata telah di modifikasi dalam rencana rekayasa politik dengan membonceng kekuatan aspirasi tersebut untuk mempertahankan kekuasannya.

Siklus pemilu dan Pilpres jangan sampai ada penundaan sekalipun muncul serangan seolah olah Pilpres mendatang akan mendatangkan kecurangan yang sama seperti Pilpres sebelumnya dan macam macam narasi yang akan menyerang dan berusaha penunda Pilpres yang akan datang .

Apapun pilihannya adalah pilihan terbaik jangan melakukan Dekrit kembali ke UUD 45 asli di era Presiden Jokowi dengan konpensasi akan menambah masa jabatannya.