SBK: Pernikahan Kaesang Perlihatkan Jokowi Raja Jawa, LBP Patih dan Para Menteri Abdi Dalem

Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono memperlihatkan Joko Widodo (Jokowi) Raja Jawa dan Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) seorang patih dan para menteri lainnya abdi dalem.

“Kalau dilihat foto bersama Jokowi, mempelai pernikahan Kaesang-Erina Gudono dengan para menteri terlihat posisi LBP yang di atas dan para menteri lainnya di bawah. Ini memperlihatkan Jokowi raja dan LBP patih,” kata pengamat seniman politik Mustari atau biasa dipanggil Si Bangsat Kalem (SBK) kepada redaksi www.suaranasional.com, Ahad (11/12/2022).

Menurut SBK, LBP tidak berada di bawah ketika foto bersama para menteri dengan mempelai Kaesang-Erina Gundono. “LBP di atas sejajar dengan Jokowi dan keluarga mempelai. Jokowi telah memberikan simbol kekuasaan,” paparnya.

Dalam pernikahan Kaesang-Erina, kata SBK, para relawan datang dengan memakai pin bertuliskan Jokowi3. “Ada pesan politik di pernikahan Kaesang-Erina bahwa Jokowi melakukan konsolidasi termasuk menggunakan simbol kerajaan Yogyakarta dan Surakarta,” jelas SBK.