PDM Kota Bogor Lepas Lazismu dan Tim MDMC Kirim Bantuan Logistik Tahap II

Guna mengurangi beban dan membantu korban bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur,Jawa Barat, Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Bogor bersama Tim MDMC kembali mengirim bantuan logistik tahap II dan Tim relawan ke lokasi gempa di Cianjur. Pemberangkatan dilepas langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bogor, Drs Madropi, M Pd, jam 08.10 WIB di halaman Gedung Da’wah Muhammadiyah Kota Bogor (Sabtu 3/12/2022).

Ketua Lazismu Kota Bogor, Ir. Sugijanto Soewadi, menyampaikan, capaian donasi untuk korban gempa di Cianjur sudah mencapai Rp.40 juta, di mana dalam bentuk barang sekitar Rp. 6 juta, sisanya Rp.34 juta bentuk uang.

Open donasi ini akan dibuka terus mungkin sampai satu tahun karena melihat dampak kerusakan akibat gempa di Cianjur yang cukup berat. Sugi mengatakan, untuk bantuan logistik yang akan dikirim ke Cianjur ini merupakan tahap ke-2 pengiriman.

Barang-barang yang akan dikirim tahap kedua ini sebelumnya sudah dikomunikasikan dengan MDMC di wilayah sesuai dengan kebutuhan di sana. “Barang-barang tersebut berupa sembako, tenda, alat-alat seperti ember, alat-alat listrik, obat-obatan, makanan untuk bayi dan lain-lain, cukup banyak, bahkan pakaian dalam,” ungkap Sugi.

Pada pemberangkatan tersebut Ketua Lazismu Kota Bogor juga mengajak dr Dika dari Klinik PKU Muhammadiyah Kota Bogor bersama Lazismu untuk orientasi sebagai tenaga kesehatan menuju lokasi gempa di Cianjur. Menurut Sugi karena untuk kesehatan nanti harus kooridinasi dahulu di sana.

Ketua MDMC Kota Bogor, Abdul Rahmat Saleh atau yang lebih dikenal dengan paggilan ARS saat menyampaikan pesannya, mengapresiasi Lazismu Kota Bogor. “Ini kerja yang sangat luar biasa, Lazismu yang sudah memberikan kontribusi penggalangan dana dan Lazismu sebagai tim teknis yang sudah berjalan secara maksimal. “Perjalanan ini bukan yang pertama karena kita juga sering bekerjasama sebelumnya seperti di Garut, Malang, Leiwiliang dan yang terakhir di Gang Barjo Kota Bogor, kolaborasi yang sangat luar biasa,” ungkap ARS.

ARS juga berharap perjalanan ini juga akan ada kelanjutanya –sesuai dengan yang dikatakan Ketua Lazismu Kota Bogor. “Nanti ada ke-2, ke-3 dan seterusnya,” paparnya.

Terakhir ARS berharap agar PDM Kota Bogor selalu memberikan kontribusi dan dorongan sehingga menjadi spirit bersama dalam menggalang kohesi sosial, dana dan meringankan saudara-saudara kita yang tertimpa bencana di Cianjur.

Sementara Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bogor, Drs. Madropi, M. Pd dalam sambutan dan amanatnya selain menyampaikan terima kasih juga berpesan agar Lazismu dan MDMC benar-benar menunjukkan misi kemanusiaannya. “

Ini harus kita tunjukkan, apalagi di dalam Muktamar Muhammadiyah terkait isu-isu strategis keummatan, kebangsaan dan kemanusiaan yang universal, bukan hanya terhadap bangsa kita, juga bagaimana Muhammadiyah bisa mencerahkan dunia,” paparnya.

Madropi juga berharap agar Lazismu dan MDMC Kota Bogor bisa selalu solid dan bersinergi dengan baik.

Ia melepas pemberangkatan dengan doa –yang dipimpin langsung olehnya– dan harapan agar perjalanan berjalan lancar. (TTirka).