Waduh, Lieus Sungkharisma Heran DPR Diam atas Dugaan Jaksa Agung Miliki Tiga KTP

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hanya diam atas dugaan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin yang memiliki tiga KTP. Kasus ini sudah dilaporkan ke sejumlah pihak termasuk Kemendagri.

“Di antaranya adalah kasus KTP ganda, bahkan hingga tiga buah yang diduga dimiliki Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin sendiri. Kasus ini bahkan sudah dilaporkan sejumlah pihak ke Kemendagri,” ujar Koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak), Lieus Sungkharisma kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (24/11/2022).

Salah satu pihak yang melaporkannya, ujar Lieus, adalah Koalisi Masyarakat Penjaga Adhyaksa (Komjak). Koalisi ini melaporkan Jaksa Agung ST Burhanuddin ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dugaan kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) ganda itu.

Herannya, tambah Lieus, anggota Komisi III DPR tidak bereaksi atas masalah ini.

“Saya tidak mendengar dan tidak membaca berita di media ada anggota Komisi III DPR yang mempertanyakan pada Burhanuddin tentang tiga KTP dengan data berbeda yang dimilikinya itu,” ujar Lieus.

Lieus pun menyebut, adalah suatu yang janggal jika kasus ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Alvin Lim atas laporan polisi 185 orang jaksa itu dijadikan sebagai informasi yang dianggap penting untuk disampaikan kepada anggota DPR, sementara kasus kepemilikan KTP ganda yang dituduhkan kepada pejabat tinggi negara sekelas Jaksa Agung, tidak disinggung oleh anggota DPR dalam RDP itu.

“Oleh karena itulah, saya merasa perlu untuk menulis surat terbuka kepada Presiden dan Ketua DPR tentang masalah kepemilikan KTP ganda Jaksa Agung ini,” ujar Lieus.

Orang lain, tambah Lieus, bisa saja beranggapan kasus kepemilikan KTP ganda ini sebagai suatu yang sepele. Tapi jika kasus ini dibiarkan dan tidak ada penjelasan yang masuk akal dari instansi terkait, maka hal itu akan menimbulkan preseden buruk bagi bangsa.

Lieus meminta Presiden Jokowi memanggil Jaksa Agung untuk meminta penjelasan soal ini, juga meminta Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil mengklarifikasi soal kepemilikan KTP Jaksa Agung dengan tiga data yang berbeda itu.

“Kalau kasus dugaan ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Alvin Lim saja dianggap penting dan mendapat prioritas penanganan dari kejaksaan, masak sih kasus Jaksa Agung yang punya tiga KTP berbeda dianggap biasa?” tanya Lieus.