Aktivis Malari 74: Pemilik SMRC Benci Anies, Hasil Surveinya tak Objektif

Pemilik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani sudah membenci Anies Baswedan sebagaimana kicauan di akun Twitter-nya sehingga hasil surveinya tidak objektif.

“Saiful Mujani pemilik SMRC itu terkenal benci Anies. Maka tak heran hasil survei SMRC selalu menempatkan Anies posisi bawah,” kata aktivis Malari 74 Salim Hutadjulu kepada redaksi www.suaranasional.com, Jumat (25/11/2022). “Sewaktu Pilkada DKI 2017, survei SMRC selalu menempatkan Ahok posisi teratas, namun faktanya Anies yang jadi pemenang,” ungkapnya.

Kata Salim, publik harus mengetahui sumber dana SMRC yang mengeluarkan hasil survei. “Publik agar tahu, SMRC itu lembaga survei yang independen atau konsultan politik milik capres tertentu,” paparnya.

Salim mengatakan, hasil survei SMRC terus melakukan penggalangan opini agar masyarakat memilih Ganjar Pranowo. “Hasil survei SMRC menggiring opini masyarakat untuk memilih Ganjar,” jelas Salim.

SMRC bisa berkilah hasil survei tidak bohong dan menggunakan pendekatan ilmiah, namun bisa salah. “Biasanya lembaga survei selalu berkilah, hasil survei bisa salah tetapi bersikeras tidak melakukan kebohongan dalam menggunakan metode ilmiah,” ungkapnya.