Sekjen PDIP Tegaskan Xi Jinping Diperpanjang 3 Periode, Sinyal ke Jokowi?

Saat ada tren di dunia yang memperpanjang jabatan presiden tiga periode seperti yang dilakukan Xi Jinping di Negeri Tirai Bambu.

“Xi Jinping saja diperpanjang tiga periode, apalagi kepala desa,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di hadapan Asosiasi Kepala Desa-Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (AKD-PAPDESI) menggelar pertemuan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Ahad (6/11/2022).

Meskipun demikian, Hasto mengatakan perlu kajian mendalam, termasuk landasan filosofis, ideologis dan bagaimana manfaatnya terkait stabilitas pemerintahan desa dan kemajuan bagi Indonesia Raya.

Baca juga:  Hadapi Kebangkitan PKI, Menhan Buat Simposium Tandingan

“Komitmen membangun desa telah dibuktikan oleh PDIP. Selain menjadi pelopor UU Desa, dalam Ulang Tahun dan Rakernas PDIP pun mengambil tema Desa Maju Indonesia Kuat dan Berdaulat,” sebutnya.

Bupati Ngawi Ony Anwar mengatakan pihaknya mengakui konflik dalam pemilihan kepala desa memang sangat tinggi. Dan karena konflik, banyak kepala desa yang susah bekerja sebelum konflik itu selesai.

Ony mengatakan usulan kepala desa soal perpanjangan masa jabatan itu bisa didiskusikan lebih lanjut. Semisal bisa saja masa jabatan sampai sembilan tahun, tetapi kemudian dibatasi hanya dua periode saja.

Baca juga:  Butuh Uang dan Punya Mental Rampok, PDIP Usulkan Pengampunan Koruptor

“Dengan demikian ketika kepala desa sudah jadi pemenang, waktu sembilan tahun rasanya cukup untuk bisa mengkomunikasikan konflik yang ada di desa dan sekaligus melakukan pembangunan. Dan cukup waktu bagi rakyat desa menilai kinerja kepala desa apabila maju di pilkades berikutnya,” kata Ony.