Sebut Hanya Orang Jawa yang Bisa Jadi Presiden, Habib Hasyim Arsal: Luhut Makar bagi Persatuan Indonesia

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah makar terhadap persatuan Indonesia atas pernyataannya bahwa hanya orang Jawa yang bisa menjadi presiden.

“Pernyataan LBP bahwa hanya orang Jawa yg bisa menjadi presiden itu bisa dianggap makar bagi Persatuan Indonesia,” kata Habib Hasyim Arsal Al Habsi di akun Twitter-nya @hasyimalhabsi, Jumat (23/9/2022).

Pernyataan Luhut itu, kata Habib, telah melanggar UUD 45 dan Pancasila. “Melanggar UUD45 dan Pancasila. Karena beliau adalah pejabat negara yang digaji rakyat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Luhut mengingatkan kepada orang luar Jawa untuk tidak memaksakan diri menjadi calon presiden (capres) di Indonesia. Mereka harus tahu diri bahwa keinginannya itu sulit terwujud.

Baca juga:  FORBAS: 6 Laskar FPI Ditembak Polisi, Kezaliman & Pelanggaran HAM

Hal ini disampaikan Luhut saat berbincang dengan Rocky Gerung. Video perbincangan Rocky Gerung dan Luhut berjudul Menatap Indonesia Pasca 2024 itu diunggah di kanal YouTube RGTV Channel ID, Rabu (21/9/2022). Awalnya Luhut mengatakan bahwa semua yang ada di bawah langit memiliki waktunya sendiri-sendiri, termasuk dirinya. Menurutnya, semua orang harus mengetahuinya.

“Kalau kita pengen terus bahwa kita yang paling mengatur semua, itu yang nanti post power syndrom. Jadi saya tidak mau seperti itu,” kata Luhut seperti dikutip, Kamis (22/9/2022).

Setelah itu, Luhut menyindir orang-orang berusaha menjadi presiden. Menurutnya, apa hanya dengan menjadi presiden untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

Baca juga:  Tesla Investasi di Thailand, Ekonom Senior: Bangsa Indonesia tak Berharga di Mata Asing

“Harus tahu diri juga. Kalau kau bukan orang Jawa, pemilihan langsung hari ini, saya tidak tahu 25 tahun lagi, sudah lupakan deh, nggak usah kita memaksakan diri kita. Sakit hati. Yang bikin sakit hati kan diri kita sendiri,” kata Luhut lagi.