Presiden, Mundurlah Saat Ini Juga

Oleh: Sutoyo Abadi (Koordinator Kajian Politik Merah Putih)

Titik lemah Presiden sudah bisa di deteksi sejak awal naik ke singgasana kekuasaan, bukan karena kemampuan, kapasitas , kapabilitas dan tidak memiliki potensi sekedar ukuran minimalis. Ahirnya harus jatuh pada cara cara mengelola negara dengan standar ngawurisme.

Visi Misi verbalisme hanya untuk memenuhi dan menarik simpati dan menghipnotis rakyat saat kampanye telah menjadi mortir memukul balik dirinya. Karena akhirnya fakta tidak bisa lagi dibungkus dengan narasi kebohongan.

Akibat balas budi politik kepada para bandar politik ( oligarki ) membelit tak lagi ada ruang gerak keluar dari remotnya. Haluan negara ( sebagaimana termuat dalam pembukaan UUD 45 ) yang harus menjadi arah dalam mengelola negara, bukan saja dilupakan bahkan dianggapnya sebagai sampah.

Moral dan etika bernegara yang harus berpedoman pada nilai nilai Pancasila menguap dan tidak dikenali lagi .

Kemampuan untuk memberdayakan ekonomi rakyat apalagi pikiran mensejahterakan rakyat kering kerontang, setelah pikiran hanya dibalut hanya hutang hutang dan hutang. Sampai sekedar harus membayar cicilan hutang sudah sempoyongan. Rakyat harus menerima imbas akibatnya.

Semua otoritas negara sudah dalam kendali Oligargi , adalah keajaiban sebuah negara yang mengaku merdeka .

Kemampuan dan kualitas kepemimpinanbya sangat rendah . Padahal 40 % kemampuan pemimpin akan menentukan apa yang akan dan harus terjadi . Bisa dibayangkan kalau kemampuan memimpin sangat rendah mendekati 0 %. Berantakan adalah resiko yang akan terjadi.

Satu hari akan resafel kabinet dua kali sudah tidak ada gunanya, stop marah marah seolah olah semua ini akibat para menterinya yang tidak becus

Tuntutan demo rakyat, agar Presiden segera mundur adalah sebuah keniscayaan bukan karena kebencian untuk mengindari kerusakan negara lebih berantakan .

Abaikan semua penasehat yang akan menjerumuskan dirinya, karena ambisi mereka untuk tetap hidup, atau harus melarikan diri akibat ulah dan kekakuannya sendiri. Jangan lagi merekayasa seolah olah masih memiliki relawan yang bisa melindungi dan kekuatannya melebihi kekuatan parlemen.

Dagelan seperti itu akan menjadikan dirinya seolah olah masih terlindung, sedang yang namanya relawan hanya akan hidup sesaat dan segera menghilang, tidak peduli akan nasib bos dan tuannya.

Mencermati dan menghitung kalkulasi politik yang sedang dan terus akan terjadi . Waktu sudah tiba segera minta maaf kepada rakyat atas kelalaian dan kekurangannya selama ini dan segera umumkan dirinya mundur baik baik. Hanya itulah jalan keluar yang ada saat ini