Sandal yang Dipakai Istri Jokowi saat Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 di Istana Rp9,5 Juta

Istri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Iriana Jokowi memakai sandal Hermes Oran Sandal Authentik seharga Rp9,5 juta saat mengikuti upacara HUT Kemerdekaan ke-77 Istana Merdeka.

Iriana Jokowi juga mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara, sama seperti sang suami Presiden Jokowi. Hanya saja baju adat yang dipakai Iriana berbeda warna dengan Jokowi.

Ibunda Kaesang Pangarep itu memakai atasan yang disebut sebagai baju Kombo, pakaian adat kebesaran bagi para wanita Buton. Seperti dikutip dari alienco, ciri khas dari baju Kombo adalah benang-benang berwarna dari benang emas atau benang perak dan beragam hiasan lain baik dari emas, perak atau kuningan.

Iriana memakai bawahan sarung yang dalam busana pengantin adat Buton disebut sebagai Bia Ogena. Bawahan sarung ini merupakan gabungan warna polos secara bertingkat-tingkat yang menjadi pasangan baju Kombo.

Pelengkap dari busana adat Buton yang dipakai Iriana adalah gelang emas yang disebut Simbi. Dan pengikat tangan yang disebut kabokena lima. Pengikat ini melambangkan silaturahmi.