Pidato Jokowi Membuat Masyarakat tak Tahu Arah Prioritas Pembangunan

Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyampaikan rencana pencapaian pembangunan dalam satu tahun ke depan. Pidato Jokowi itu membuat masyarakat tidak tahu arah prioritas pembangunan.

“Pidato Jokowi masyarakat tidak tahu arah prioritas pembangunan yang ingin dicapai pada satu tahun ke depan. Hal itu dapat membuat masyarakat apatis terhadap rencana pembangunan pemerintah,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (16/8/2022).

Jamiluddin meminta jangan menyalahkan masyarakat yang tidak responsif pembangunan yang dilakukan Presiden Jokowi.

“Karena itu, jangan salahkan kalau masyarakat tidak responsif terhadap pembangunan yang akan dilakukan pemerintah satu tahun ke depan,” paparnya.

Dalam sidang tahunan MPR idealnya presiden menyampaikan capaian yang detail terkait pemenuhan hak sipil dan praktik demokrasi di Indonesia satu tahun terakhir. Begitu juga capaian terkait hak perempuan dan kelompok marjinal.

“Selain capaian, idealnya presiden juga menyampaikan apa saja yang akan dilakukan pada satu tahun ke depan. Dengan begitu masyarakat akan mengetahui apa saja yang dilakukan pemerintah dalam pemenuhan hak sipil dan praktik demokrasi serta hak perempuan dan kelompok marjinal,” pungkas Jamiluddin.