Swimming Competition For Student Ekspresikan Bakat Anak di Lamongan

Hari anak sedunia memang jatuh pada 23 Juli silam, namun Lamongan masih terus menyemarakkan hari anak dengan berbagai kegiatan. Salah satunya ialah swimming competition for student yang digelar pada, Sabtu (13/8) di kolam renang Oro-Oro Ombo Mantup Lamongan. Sesuai dengan namanya, kejuaraan yang diperuntukkan untuk siswa ini digelar selama 1 hari untuk merebutan piala Bupati 2022.

Menjadi kejuaraan renang pertama yang diselenggarakan Lamongan, kegiatan ini diperuntukkan untuk membudayakan cabang olahraga renang di Lamongan. Yangmana cabang olahraga ini masih terbilang baru.

“Kami gelar pertama kali di Lamongan, tujuannya ialah membudayakan cabor renang kepada masyarakat. Karena cabor yang dinaungi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) ini masih tergolong baru,” tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang hadir untuk membuka secara langsung perlombaan renang.

Kejuaraan ini bukan semata-mata sebagai perayaan hari anak ataupun perayaan HUT RI ke 77, melainkan juga dijadikan ajang menggali bibit unggul atlet renang di Lamongan. Pak Yes menerangkan pencarian atlet tersebut masih terus dilakukan karena sampai saat ini Lamongan belum memiliki atlet renang yang berdarah asli Lamongan.

“Kita jadikan kegiatan ini untuk menjaring bakat renang yang dimiliki anak-anak di Lamongan. Karena sampai saat ini kita belum memiliki atlet yang bersal dari Lamongan asli,” terang Pak Yes sapaan akrabnya.

Tidak sampai disini, keberlanjutan akan kejuaraan yang diikuti oleh 202 anak dari 73 sekolah di seluruh Kabupaten Lamongan ialah pembinaan langsung dari Dinas Pemuda dan Olahraga Lamongan, Komite Olahraga Nasional Indonesia Lamongan, serta dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) cabang Lamongan.

“Setelah terpilih juara pada kejuaraan ini, nanti akan terus memperoleh pembinaan dari Dispora, Koni, PRSI Lamongan, agar nantinya bisa menjadi wakil kejuaraan renang tingkat Provinsi bahkan lebih,” ungkap Pak Yes.

Dimulai pukul 08.00 WIB, perlombaan dibagi menjadi 2 sesi yakni sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi berlangsung pertandingan 100 meter gaya bebas, 50 meter gaya punggung, 50 meter gaya kupu-kupu, 50 meter kick bebas yang diikuti kategori siswa SD dan SMP. Sedangkan pada sesi siang dilangsungkan pertandingan 50 meter gaya dada, 50 meter gaya bebas yang diikuti siswa kategori SMP dan SMA.(RINTO CAEM)