Ansor Lamongan Tuntun Mualaf Baca Syahadat

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Lamongan menuntun seorang pria masuk Islam. Pria asal Deket Kulon Lamongan yang diketahui bernama Yohana Linggar Syaputra memilih menjadi mualaf dengan melafalkan dua kalimat syahadat sebagai bentuk syarat wajib memeluk agama Islam, Sabtu (11/6)

Prosesi pembacaan dua kalimat syahadat langsung dibimbing Ketua Pengurus Cabang Rijalul Ansor Lamongan, Gus Nihrul Bahi Alhaidar.

“Tidak ada paksaan dalam beragama,” kata Gus Irul Panggilan akrabnya di saat penyampaian sebelum prosesi penuntunan di Masjid Al Asyhar Desa Laladan Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan.

Yohana mengaku ingin memeluk agama Islam karena selama ini sering belajar tentang Islam. Ia menilai Islam banyak mengajarkan cinta kasih kepada sesama.

“Saya tertarik masuk Islam karena Islam mengajarkan santun dan penuh kasih sayang,” ujarnya.

Selain itu, kata Yohana, keinginannya semakin kuat memeluk agama Islam karena berkat dukungan dari teman-temannya di Ansor. “Saya banyak mengetahui Islam dari sahabat-sahabat saya di Ansor Deket,” tegasnya.

Sementara itu, dalam acara yang dikemas dengan Kegiatan Rutin Rijalul Ansor PAC Ansor Deket yang dihadiri puluhan anggota ansor dan tokoh masyarakat, dalam penyampaiannya, Gus Irul selaku Ketua Rijalul Ansor mengatakan pentingnya sanad keilmuan dalam menempuh pendidikan, baik formal maupun nonformal.

“Alhamdulillah, barokah mengikuti KH. Hasyim Asy’ari melalui Ansor yang sanad kelimuannya sudah jelas dan akan menjadi tugas ansor terhadap Yohana sebagai Mu’allaf untuk selalu membimbing dan membina ubudiyahnya. Menebar kebaikan, ukhuwah dan kasih sayang itulah Rohmatan Lil’alamin dalam Nahdlatul Ulama’,” tutupnya.