Orasi Apel Kebangsaan GP Ansor Blitar, Moeldoko Pemersatu Pemuda dan Bangsa Indonesia

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko merupakan sosok yang bisa mempersatukan pemuda dan Bangsa Indonesia.

“Menurut kami Pak Moeldoko bisa mempersatukan para pemuda. Kami meyakini Pak Moeldoko bisa menjadi pemersatu generasi muda dan mempersatukan Indonesia,” kata Ketua GP Ansor Blitar Hermawan kepada wartawan, Selasa (7/7/2022).

Moeldoko sosok jenderal panutan bagi pemuda kata Hermawan, menjadi alasan mengundang mantan Panglima TNI itu mengisi orasi dalam Apel Kebangsaan di Blitar.

Hermawan menjelaskan konsep awal Apel Kebangsaan merupakan acara Harlah GP Ansor Kabupaten Blitar

Baca juga:  Aktivis Malari 1974: Reklamasi, Makar Terhadap NKRI

“Dalam perjalanan waktu ada beberapa ketua Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) merapat. Ada ide lagi untuk mengajak semua OKP di Kabupaten Blitar dalam bentuk Apel Kebangsaan,” papar Hermawan.

Tujuan Apel Kebangsaan agar pemuda Kabupaten Blitar ingin menjadikan contoh bahwa semua OKP bisa kumpul berdiri bersama. “Intinya persatuan dan kesatuan pemuda. Tidak ada urusan dengan politik,” jelasnya.

Sedangkan Ketua SC Apel Kebangsaan Ki Aris Sugito mengatakan, alasan mengundang Moeldoko mengisi orasi dalam acara ini karena mantan Panglima TNI ini merupakan tokoh yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Baca juga:  Kiai NU Ini Tegaskan yang Diharamkan Zina & Sodomi Bukan LGBT

“Rasa nasionalisme dan patriotisme patut buat kami contoh untuk mempersatukan pemuda,” papar Ki Aris.

Ia menilai Moeldoko layak dalam bursa calon presiden pada 2024. “Kami dari generasi muda mencontoh beliau selama di KSP, HKTI. Beliau patut dimasukkan bursa 2024,” ungkapnya.

Selain itu, Ki Aris tidak menampik peserta Apel Kebangsaan bisa berasal dari luar Kabupaten Blitar. “Kemungkinan peserta datang Madiun, Tulungagung, dan Kediri,” pungkasnya.