FKP2B: Kondisi Negara di Bawah Rezim Jokowi tak Sehat, Sudah Masuk ICU

Negara Indonesia di bawah Rezim Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak sehat dan masuk ICU. Tidak sehatnya Indonesia terlihat dalam bidang ekonomi di mana utang negara menumpuk.

“Negara Indonesia dalam kondisi tidak sehat bahkan sudah harus masuk ICU/ sakit parah,” kata Sekjen FKP2B Syafril Sofyan dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (31/5/2022).

Kata Syafril, kondisi ekonomi sangat sulit termasuk ancaman krisis pangan.
Sementara kemampuan Pemerintah amburadul, salah satu buktinya adalah Pemerintah kalah dengan mafia minyak goreng.

“Cuaca poleksosbud sangat buruk. Indonesia bisa berantakan,” papar Syafril.

Dosen UNJ, dan aktivis gerakan mahasiswa motor gerakan reformasi 1998 Ubedilah Badrun mengatakan, sebagai akademis melalui riset yang dilakukan, baik secara kuantitatif dan kualitatif tentang kondisi saat ini kuat sekali dasar bagi masyarakat untuk melakukan perubahan.

“Saya merasa optimis karena ternyata kalangan mahasiswa sebagai gerakan independen ternyata masih peduli dan berjuang untuk kepentingan masyarakat, terbukti setiap permasalahan yang krusial seperti pelemahan KPK, tentang UU Cipta Kerja omnibuslaw dan tentang keinginan perpanjangan masa jabatan dan perubahan 3 periode jabatan Presiden, mereka turun unjuk rasa secara serentak di berbagai kota, sebagai bukti kepekaan mereka,” jelasnya.

“Selanjutnya yang saya monitor, khususnya para generasi muda umumnya masyarakat sangat concern terhadap permasalahan korupsi dan nepotisme, mereka mahasiswa sangat anti terhadap kelakuan koruptif penguasa/ istana dan keluarganya.”

Terkait oligarki, kata Ubedilah struktur kekuasaan dan sistim politik sejak dua periode pemerintahan, hanya dikendalikan oleh sejumlah kecil orang, yang terkait dengan kekayaan, ikatan keluarga, untuk kepentingan kelompok dan abai terhadap kepentingan rakyat.