Sebut Penjuru Dunia Minat Ikut Membangun IKN Nusantara, Muslim Arbi: Bahlil Berbohong

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia berbohong atas pernyataannya berbagai penjuru dunia berminat membangun IKN Nusantara.

“Investor asing tidak tertarik membangun IKN Nusantara dan Jokowi sudah memerintahkan menggunakan APBN. Ini artinya Bahlil Berbohong yang menyatakan penjuru dunia berminat membangun IKN Nusantara,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (26/5/2022).

Menurut Muslim, Bahlil hanya beretorika penjuru dunia akan membangun IKN Nusantara. “Bahlil tidak menyebut nama-nama investor yang ingin membangun IKN Nusantara,” paparnya.

Muslim mengatakan, rakyat sudah cerdas melihat kemampuan Bahlil untuk menarik investasi di Indonesia. “Selama menjabat Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tidak ada prestasi yang diperlihatkan Bahlil,” jelas Muslim.

Bahlil Lahadalia mengatakan telah mengidentifikasi beberapa minat investor untuk pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara di ajang World Economic Forum (WEF) 2022, di Davos, Swiss.

“Tadi kami melakukan diskusi dengan beberapa investor yang dipimpin langsung Kepala IKN (Bambang Susantono) untuk berbicara tentang investasi ibu kota negara di Kalimantan Timur. Dan alhamdulillah cukup mendapatkan respons yang sangat luar biasa. Beberapa minat pun sudah kami identifikasi,” katanya dalam press briefing yang dipantau secara daring dari Jakarta, Rabu malam, 25 Maret 2022.

Bahlil mengungkapkan pembangunan IKN banyak mendapat apresiasi karena mengusung konsep hijau dan ramah lingkungan yang saat ini jadi salah satu tren global.

“Ini salah satu konsep yang memang selama ini diapresiasi oleh dunia untuk membangun konsep ibu kota yang ramah lingkungan,” katanya.