Beberapa Museum TMII Terbengkalai setelah Diambil Alih Rezim Jokowi, akan Dijual ke Swasta?

Media sosial khususnya Twitter diramaikan berita beberapa museum di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terbengkalai setelah diambil alih Rezim Joko Widodo (Jokowi).

CNN Indonesia melakukan verifikasi berita di Twitter dengan liputan langsung di beberapa museum di TMII. Ternyata berita di Twitter tak jauh berbeda dengan liputan CNN Indonesia.

Dalam liputan CNN Indonesia disebutkan kondisi bangunan Museum Telekomunikasi tampak sudah rusak dan tidak terawat.

Bagian atap yang berbentuk bulat sebagai ciri khas Museum Telekomunikasi sudah jebol di beberapa sisi. Warna tembok museum pun sudah kusam dan compang camping di sana sini.

Baca juga:  Ingin dapat Uang Haram & Kebal Hukum, Geisz: Jadilah BuzzerRp dan Seranglah Anies dengan Fitnah

Museum yang lain yang ikut tak terurus antara lain Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra, hingga Wahana Air SnowBay.

Wahana Air Snow Bay misalnya. Kolam renang tersohor di Jakarta itu kini tutup dan terbengkalai. Memasuki bagian dalam, masih terdapat genangan air di area kolam renang yang begitu keruh. Dinding dan lantai kolam renang juga terlihat kusam nan berlumut.

Kepala Humas TMII, Adi Widodo mengatakan beberapa museum terbengkalai karena kondisi atau masalah dengan lembaga induk masing-masing pihak mengelola museum di TMII. Sebab, tak semua museum yang dibangun dikelola langsung oleh manajemen TMII.

Baca juga:  Menko Maritim Tuding TEMPO Manipulatif, Ada Apa?

Ia menceritakan soal status pengelola Museum Telekomunikasi yang belum jelas menjadi penyebab kondisi museum terbengkalai.

Selain itu, ada kabar, pemerintah akan menjual pengelolaan beberapa museum di TMII ke pihak swasta.

Kabar itu menyebutkan, pemerintah berharap setelah dikelola swasta, TMII menjadi lebih profesional.