Kasus Gibran dan Kaesang, Pengamat: Jokowi Sangat Mungkin Dikendalikan Oligarki

Bisnis Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep (Kaesang) yang membentuk PT Wadah Masa Depan berafiliasi PT Sinar Mas menunjukkan sangat mungkin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikendalikan oligarki.

“Di tengah sistem politik yang oligarkis dan korporatis, maka sangat mungkin Presiden dikendalikan oleh pemilik modal. Anak-anak adalah bagian dari proses politik oligarkis tersebut,” kata pengamat politik dan kebangsaan M Rizal Fadillah kepada redaksi www.suaranasional.com, Senen (17/1/2022).

Untuk menguak kebenaran dugaan pencucian uang dalam bisnis Gibran dan Kaesang yang berafiliasi dengan Sinar Mas, kata Rizal pengusutan yang dilakukan KPK harus terbuka.

“Dugaan korupsi atau pencucian uang yang dilakukan oleh Gibran dan Kaesang tidak boleh dibiarkan mengambang dan dalam ketidakpastian. Apapun hasilnya KPK harus mulai melakukan pengusutan. Publik berhak tahu,” jelasnya.

Jokowi sebagai Presiden sekaligus bapak dari Gibran dan Kaesang tentu akan diuji konsistensinya dalam menunaikan amanat untuk memberantas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

“Bila diam atau ragu maka rakyat akan memiliki persepsi dan dugaan kuat bahwa sebenarnya Jokowi adalah bagian dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme tersebut,” paparnya.

Jika ada yang menyatakan bahwa pengaduan atau pelaporan putera Presiden ke KPK itu adalah fitnah, menurut Rizal, bahwa bisnis yang merambah dan anak-anak itu yang sesungguhnya menjadi fitnah.