SBK: Kerusuhan Anti-China di Solomon Mempunyai Efek Domino di Indonesia

Uncategorized

Kerusuhan anti-China di Kepulauan Solomon mempunyai efek domino ke Indonesia. Kondisi Solomon mempunyai kesamaan di Indonesia di mana warga China menguasai perekonomian dan didukung penguasa.

“Kasus anti-China di Solomon bisa membawa efek domino di Indonesia. Sejak kedatangan TKA China di Indonesia membuat ketimpangan warga setempat,” kata pengamat seniman politik Mustari atau biasa dipanggil Si Bangsat Kalem (SBK) kepada redaksi www.suaranasional.com, Sabtu (27/11/2021).

Menurut SBK, Rezim Jokowi tidak mengindahkan suara rakyat yang meminta TKA China dipulangkan. “TKA China di Indonesia pekerja kasar dan gajinya lebih tinggi daripada pekerja lokal,” jelasnya.

Ketidakadilan soal TKA China, kata SBK memunculkan persoalan besar dan bisa meledak. “Gesekan TKA China dengan pekerja lokal sering terjadi. Ini bibit

Kerusuhan anti- China melanda kawasan Pecinan atau Chinatown Honiara di Kepulauan Solomon sejak Rabu lalu. Sekitar 100 warga Tiongkok minta dievakusi karena lebih dari 100 toko mereka telah diamuk massa.

Selain kawasan Pecinan Honiara, wilayah pusat kota juga menjadi titik kerusuhan anti-Beijing.

“Setidaknya 100 warga negara China di Kepulauan Solomon telah menyatakan keinginan mereka untuk dievakuasi,” kata Tan Jingquan, sekretaris Asosiasi China Kepulauan Solomon, kepada Global Times, Jumat (26/11/2021).