by

4 Juta Warga Jateng BAB Sembarangan, Prof Heru Kurnianto: Mudah-mudahan Gubernurnya Tergerak Bekerja

-Uncategorized

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo harus tergerak bekerja atas warganya yang masih Buang Air Besar (BAB).

Mudah mudahan gubernurnya mulai tergerak untuk bekerja,” kata Prof Heru Kurnianto Tjahjono di akun Twitter-nya @HeruKurniantoTj, Sabtu (27/11/2021).

Heru Kurnianto mengatakan seperti itu menanggapi pernyataan akun Twitter @Densus722: 4 juta orang di Jawa Tengah masih BAB sembarangan. Sebanyak 12 persen penduduk Jateng masih BAB sembarangan. Masih jualan radikal-radikul?

Heru Kurnianto merupakan profesor Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia di UMY, UGM dan UII.

Dikutip dari Jawa Pos, perilaku hidup bersih masih diabaikan oleh sejumlah warga di Jawa Tengah. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya penduduk yang tidak buang air besar di jamban, dimana jumlahnya dilaporkan mencapai empat juta jiwa.

Hal itu diutarakan oleh Kepala Seksi P2PTM Dinas Kesehatan Jateng, Arfian Nevi. Sebagaimana ia terangkan bahwa mereka yang tidak buang air besar tidak pada tempatnya, diketahui tak memiliki jamban. Sehingga memilih melakukannya di kebun, sungai, atau empang.

“Di Jateng masih ada sekitar empat juta orang yang buang air besar sembarangan. Paling banyak di Wonosobo dan Banjarnegara,” katanya, Jumat (12/10/2018).


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *