Menerka Partai Pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Uncategorized

Oleh: Tarmidzi Yusuf (Pegiat Dakwah dan Sosial

Pertanyaan paling banyak penulis temukan saat bertemu beberapa tokoh masyarakat dan veteran relawan 02 pada Pilpres 2019. Partai apa yang akan mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024?

Pertanyaan tersebut di atas seringkali diungkapkan dengan penuh khawatir dan cemas oleh simpatisan dan pendukung Gubernur Jakarta itu. Maklum. Anies Baswedan jangankan Ketua Umum partai, kartu tanda anggota (KTA) partai pun tidak punya. Anies Baswedan hanya punya prestasi dan elektabilitas.

Kemampuan kepemimpinan Anies Baswedan sudah teruji dan terbukti. Penggagas dan pendiri Indonesia Mengajar. Rektor termuda saat menjabat Universitas Paramadina.

Walau menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sekira 20 bulan saja, Anies Baswedan telah melakukan gebrakan. Salahsatunya soal Ujian Nasional (UN). Ketika itu UN sedang menjadi kontroversi. Anies melakukan gebrakan dengan menghapus UN sebagai satu-satunya syarat kelulusan bagi siswa kelas 9 dan kelas 12.

Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menorehkan banyak prestasi baik nasional maupun internasional. Semua janji-janji politik saat Pilkada 2017 telah ditunaikan dengan baik dan sempurna.

Salahsatu karya monumental Anies Baswedan adalah Jakarta International Stadium (JIS). Stadion termegah di Asia bahkan dunia. Menelan anggaran Rp 4,4 triliun. JIS mulai dibangun 14 Maret 2019. Rencananya JIS akan soft launching pada 11 Desember 2021.

Soft launching JIS ditandai dengan perebutan posisi ketiga dan final dalam laga International Youth Championship 2021. Rencananya menghadirkan Indonesia All-Star U-20, Real Madrid U-18, Barcelona U-18, atau Atletico Madrid U-18.

Sebagai perbandingan. Kabupaten Bandung punya stadion megah. Stadion si Jalak Harupat yang dibangun dengan biaya Rp 67,5 miliar. Dibangun selama 2,3 tahun.

Ada juga stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung. Stadion kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat dibangun selama 3,5 tahun dengan menelan biaya pembangunan Rp 545 miliar.

Selain prestasi dan kepemimpinan sudah teruji dan terbukti. Anies Baswedan juga memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Calon Presiden 2024.

Masalahnya kemudian adalah partai apa yang akan mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024.

Penulis memprediksi, Insyaallah Anies Baswedan akan lolos presidential threshold 20% sebagai persyaratan pencalonan presiden.

Gelagat lolosnya Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 bisa kita baca dari relasi politik Anies Baswedan dengan beberapa partai. Sebut saja PKS, NasDem dan PAN. Kemungkinan juga Partai Demokrat besutan AHY, anak Presiden ke-6 SBY bakal merapat mendukung Anies Baswedan. Tidak menutup kemungkinan PPP juga bakal melakukan hal yang sama.

Wallahua’lam bish-shawab

Bandung, 21 Rabiul Akhir 1443/26 November 2021