by

Diresmikan Jokowi, Bandara JB Soedirman di Purbalingga Terancam Mangkrak

Bandara Jenderal Jenderal Besar (JB) Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terancam mangkrak. Satu-satunya maskapai Jakarta-Purbalingga-Surabaya, yaitu Citilink, sudah menghentikan penerbangan.

“Saya mau book untuk minggu depan ternyata sudah tidak ada penerbangan. Saat saya konfirmasi ke Citilink memang setop terbang. Semoga nasibnya tidak seperti Bandara Kertajati,” kata pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo via akun Facebook pribadi, Minggu (24/10/2021).

dia mengatakan unggahan itu bermaksud mengingatkan pemerintah dalam konteks pembangunan bandara.

“Emang ada penumpangnya, kan terbukti,” ujar Agus. “Orang situ siapa yang mau ke Surabaya naik pesawat? Kan naik mobil. Mahal lagi (kalau pakai pesawat),” lanjutnya.

Menurut Agus, pembangunan bandara itu harus mencermati berbagai aspek. Tidak terkecuali Bandara JB Soedirman.

“Sudah tahu penduduknya berapa gitu oke, terus ekonominya kelompok mana, terus kerjaannya ngapain, ada emang business man, kan nggak, ya terus ngapain dibangun?,” katanya.

Seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi berharap Bandara JB Soedirman akan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Tengah khususnya bagian selatan.

“Kita harapkan bandara ini akan memberikan kontribusi menumbuhkan ekonomi tidak hanya di Kabupaten Purbalingga, tetapi juga di Banyumas, di Cilacap, kemudian Banjarnegara, kemudian Wonosobo, dan juga daerah sekitarnya, termasuk Kebumen,” ujarnya usai meninjau perkembangan pembangunan bandara tersebut, Jumat (11/06/2021) pagi

Loading...
Loading...

News Feed