Sudah Dibuka, Taman Margasatwa Ragunan Diserbu Pengunjung

Uncategorized

Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka usai ditutup sejak PPKM darurat berlaku saat Jakarta dilanda lonjakan kasus Corona. Warga pun terlihat menyerbu Ragunan untuk berwisata.

Seperti Pantauan detikcom di Ragunan, Jakarta Selatan, pukul 09.12 WIB, Sabtu (23/10/2021), tampak antrean pengunjung yang hendak masuk ke Ragunan. Selain itu, ada sejumlah petugas yang berjaga di pintu masuk.

Para petugas terlihat mengecek suhu pengunjung serta mengarahkan para pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk. Para pengunjung diminta memperlihatkan hasil pemindaian di aplikasi PeduliLindungi sebelum diizinkan masuk.

“Silakan masuk pak. Mohon cuci tangan dulu ya di sebelah sana,” ujar petugas ke salah satu pengunjung.

Salah satu petugas mengatakan masih ada pengunjung yang kesulitan mengakses PeduliLindungi. Dia mengatakan petugas bakal membantu pengunjung yang kesulitan.

“Memang masih banyak yang tidak tahu gimana cara pakai PeduliLindungi ini. Makanya kita petugas yang standby ngasih tahu gimana cara scan QR code-nya,” ujar petugas bernama Eko.

Salah satu pengunjung, Sakinah, mengaku senang bisa berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan lagi. Dia datang bersama keluarganya.

“Saya rumah di Bogor. Tadi berangkat pagi sekitar jam 06.30 WIB. Tujuannya ya buat refreshing aja, karena udah lama nggak pergi sama keluarga,” katanya.

“Kalau prokes pasti ya. Ini saya bawa masker cadangan, tisu basah sampai hand sanitizer. Saya dan suami pun sudah divaksin dua kali. Jadi ya menurut saya nggak apa-apa bawa anak juga. Karena kan anak kami awasi, prokes juga nomor satu. Saya dan suami selalu bikin kesepakatan pokoknya kalau ke luar rumah harus prokes, harus prokes,” ujarnya.

Pengunjung lainnya, Nur, juga mengaku senang Ragunan dibuka saat Jakarta sudah masuk PPKM level 2. Dia mengatakan dirinya sengaja datang ke Ragunan untuk berekreasi bersama teman-temannya.

“Senang ya udah dibuka. Karena selama ini udah ingin gitu liburan bareng teman-teman, tapi nggak mau jauh-jauh. Karena ini dekat dari rumah, yaudah sekalian aja ke sini,” tuturnya.

Nur mengaku sudah mengetahui syarat dan aturan mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan. Dia sudah mempersiapkan aplikasi PeduliLindungi hingga masker cadangan.

“Semoga aja semua tempat wisata bisa dibuka lagi. Karena kita masyarakat udah jenuh di rumah mulu selama PPKM. Udah nggak sabar mau liburan,” kata Nur.