Lebih Humanis, Pengamat: Polisi Perlu di Bawah Kemendagri

Uncategorized

Kepolisian perlu di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar lebih humanis dan bisa lebih dikontrol perilakunya.

“Berbagai perilaku oknum polisi yang menyimpang perlu reorganisasi kepolisian di bawah Kemendagri agar lebih humanis,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada www.suaranasional.com, Selasa (19/10/2021).

Menurut Muslim, kepolisian yang langsung di bawah Presiden memunculkan kecemburuan dengan TNI. “Selama ini TNI di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan. Anggaran TNI terlihat besar tapi harus dibagi AD, AU dan AL. Berbeda dengan Polri,” jelasnya

Muslim mengatakan, penempatan Polri di bawah Kemendagri akan membuat korps baju coklat itu lebih mudah bekerja sama dengan pemerintah daerah. Namun, Ia menilai, apabila Polri berada di bawah Kemendagri, maka nantinya harus ada pemisahan antara kepolisian nasional dan kepolisian daerah, seperti sistem yang dijalankan di Amerika Serikat.

“Kalau di luar negeri kan ada sheriff, polisi negara bagian, atau federal. Kalau mau mengarah ke situ (polisi di bawah Kemendagri), berarti selain polisi nasional, harus ada polisi di daerah lagi,” jelasnya.