by

Dubes RI di Turki: Usulan Nama Jalan di Jakarta dari Pemerintah Turki

-Uncategorized

Pemerintah Turki yang mengusulkan nama jalan di Jakarta.

“Sesuai tata krama diplomatik dan kesepakatan kedua pihak, Indonesia akan memberikan nama jalan di Jakarta dengan nama apapun yang diusulkan oleh pemerintah Turki,” kata Dubes RI di Turki Lalu Muhammad Iqbal kepada www.suaranasional.com, Senen (18/10/2021).

Iqbal mengatakan, pihak Kedubes RI di Ankara belum mengetahui nama jalan pemberian Pemerintah Turki di ibu kota.

“kita belum tahu nama apa yang akan diusulkan. Yang akan menentukan nama jalannya nanti bukan Duta Besar, bukan Pemerintah Indonesia dan juga bukan Pemda DKI,” ungkapnya.

Apapun nama jalan itu nanti, pasti itu mewakili harapan pemimpin dan rakyat Turki. “Asumsinya, pemimpin dan rakyat Turki-lah yang lebih paham sejarahnya. Kita pasti akan memberikan masukan kepada pihak Turki,” jelas Iqbal.

Selain itu, ia mengatakan, pemberian nama jalan tokoh Turki di Jakarta merupakan tata krama diplomatik dan kesepakatan kedua pihak.

“Sebagai simbol kedekatan kedua Bangsa yang sudah dimulai sejak abad ke-15, Pemerintah Turki setuju memenuhi permintaan Indonesia untuk memberikan nama jalan di depan KBRI Ankara dengan nama Bapak Proklamasi kita, Ahmet Sukarno (nama yang dikenal di Turki), menggantikan nama jalan sebelumnya yaitu, Jalan Belanda (Holanda Cadesi),” paparnya.