by

Jaga Jarak Dicabut, Penampakan Sholat Subuh di Masjidil Haram Kembali Rapat

Para jemaah umrah dari terpantau telah memadati Masjidil Haram untuk melaksanakan sholat Subuh berjemaah. Tak tampak lagi jarak yang tadinya diatur sampai dua meter.

Pemerintah Saudi menghilangkan aturan jaga jarak antarjemaah umrah. Masjidil Haram juga dapat beroperasi dengan kapasitas penuh. Dari rekaman video yang diterima iNews.id, tampak sebagian dari jemaah memakai kain ihram putih dan sebagian lagi hitam tengah sholat Subuh dengan shaf rapat.

Mereka tampak khusuk beribadah tanpa jarak satu sama lain dengan petugas keamanan berjaga di beberapa titik. Pejabat Wakil Pimpinan Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci, Dr Saad Bin Muhammad Al-Mheimeid menegaskan, pemerintah Saudi siap menerima semua jamaah saat beroperasi dengan kapasitas penuh.

Kementerian Dalam Negeri Saudi mengeluarkan aturan jemaah wajib memakai masker setiap saat di dalam Masjid sebagai langkah pencegahan Covid-19. Umat Islam yang hendak umrah atau sholat berjamaah harus mendaftar melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna.

Sebelumnya, Arab Saudi telah menambah daya tampung umrah menjadi 100.000 jemaah per hari, seiring membaiknya kondisi pandemi Covid-19. Syaratnya, jemaah harus sudah mendapat vaksin Covid-19 setidaknya satu dosis.

Kementerian Haji dan Umrah menyatakan, bukan hanya umrah, daya tampung untuk sholat berjamaah di Masjidil Haram juga ditambah menjadi 60.000 orang.

[inews]

Loading...
Loading...

News Feed