Wartawan Senior: Agus Widjojo Pernah Dibatalkan Jadi Pangdam Sriwijaya

Uncategorized

Gubernur Lembahanas Letjen (Purn) Agus Widjojo pernah dibatalkan menjadi Pangdam Sriwijaya oleh Panglima ABRI saat itu Jenderal Feisal Tanjung.

“Saya teringat SK Agus Widjojo menjadi Pangdam Sriwijsya dibatalkan digantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 1996. Jangan-jangan Panglima ABRI saat itu Feisal Tanjung melihat pemikiran yang tidak sinkron Agus Widjojo tentang komando teritorial,” kata wartawan senior Selamat Ginting di Channel YouTube Hersubeno Point dalam judul “Serang Brigjen Junior Tumilaar Soal Tentara Rakyat, Agus Widjojo Pernah Dibatalkan Jadi Pangdam”

Kata Selamat, Agus Widjojo menyudutkan TNI ketika anggota Komisi Kebenaran dan Persahabatan RI-Timtim yang menangani dugaan pelanggaran HAM Indonesia di Timor Timur.

“Saya melihat Agus Widjojo dalam kasus lepasnya Timor Timur justru menyudutkan TNI sebagai pelanggar HAM dan pelaku pemerkosaan,” ungkapnya.

“Agus Widjojo menyudutkan TNI sendiri kayaknya kurang lama bertugas di Timor Timur.”

Dalam kasus di Timor Timur ada tuduhan yang tidak masuk akal di mana disebutkan anggota TNI memperkosa 2000 perempuan di sebuah desa. “Tuduhan TNI tidak masuk akal misalnya pemerkosaan 2000 perempuam di sebuah desa, datanya jumlah perempuan di desa itu tidak sampai 2000 orang perempuan,” ungkapnya.

Selamat mengatakan, saat reformasi Agus Widjojo mengusulkan menghapus komando teritorial. “Aneh sekali pemikirannya padahal lulusan Akademi militer 70 di mana masih mencari sisa-sisa komunis suasana batin melawan ekstrim kiri. Tokoh senior TNI Sayidiman Suryohadiprodjo juga tidak habis pikir pemikiran Agus Widjojo yang nyeleneh,” pungkasnya.