Gaya Partai Politik dalam Pemilihan Ketua IKA IKOPIN telah Menelan Korban

Uncategorized

Tarmidzi Yusuf (Pegiat Dakwah dan Sosial)

Terkejut. Kaget. Tidak percaya. Saat pertama kali mendengar kabar Merdi Hajiji batal maju dalam pemilihan Ketua Umum IKA IKOPIN yang akan digelar pada MUNAS ke-13, Sabtu 23 Oktober 2021.

Betapa tidak. Sosok Merdi Hajiji dengan sederet gelar akademik, tidak diragukan lagi kiprahnya di dunia perkoperasian serta punya akses terhadap Pemerintah Provinsi Jawa Barat tiba-tiba mendapat kabar, Merdi Hajiji mundur.

Penasaran. Mulai cari-cari informasi ke orang terdekat Merdi Hajiji. Mengapa sosok Merdi Hajiji yang diharapkan kiprahnya di IKA IKOPIN 4 tahun mendatang tidak jadi mencalonkan sebagai orang nomor satu di IKA IKOPIN.

Usut punya usut. Kabarnya, Merdi Hajiji gerah. Nah lho! Gerah dengan nyinyiran alias bullying oleh kubu pendukung sebelah. Cenderung fitnah. Bahkan mengarah pembunuhan karakter. Maklum, Merdi Hajiji bukan politisi. Merdi Hajiji seorang praktisi koperasi dan UKM. Pasti tidak nyaman. Apalagi Merdi Hajiji punya keluarga. Tentu tidak rela diperlakukan seperti terdakwa.

MUNAS ke-13 IKA IKOPIN telah menelan korban, Merdi Hajiji Sekretaris Jenderal IKA IKOPIN periode 2017-2021 pengganti Hapi Zazuli. Siap-siap calon lain juga menjadi korban. Isunya, orang dekat Merdi Hajiji bakal maju sebagai Calon Ketua Umum IKA IKOPIN. Tapi masih istikharah. Khawatir dibully seperti Merdi Hajiji.

Rasanya pada pemilihan Ketua Umum IKA IKOPIN tahun 2017 tidak sepanas sekarang. Saat itu, calon yang muncul juga kader partai. Adri Istambul Lingga Gayo Sinulingga merupakan kader PDIP dan Andi Kusnanto kader Gerindra.

Sepak terjang Adri Istambul Lingga Gayo Sinulingga dibidang politik dan bisnis tidak ada yang meragukan. Gejolak politik saat Pilpres 2019 mampu Adri Istambul redam. IKA IKOPIN solid.

Anehnya sekarang. Saat pemilihan Ketua Umum IKA IKOPIN pasca Adri Istambul Lingga Gayo Sinulingga timbul gejolak. Seharusnya teman-teman alumni pendukung setiap calon mengikuti jejak Adri Istambul. Merawat perbedaan pilihan sebagai kekuatan bukan sebagai sumber perpecahan.

Panasnya perpolitikan di IKA IKOPIN menjelang MUNAS ke-13, berkembang rumor di arus bawah. Mendorong Adri Istambul Lingga Gayo Sinulingga untuk meneruskan jabatan periode kedua. Adri Istambul Lingga Gayo Sinulingga dianggap mampu meredam perpecahan menjelang MUNAS IKA IKOPIN ke-13.

Selain itu, arus bawah juga menghendaki Firman Ubaidillah maju sebagai Calon Ketua Umum IKA IKOPIN periode 2021-2025. Banyak alumni yang menilai Firman Ubaidillah telah berhasil membantu Adri Istambul Lingga Gayo Sinulingga dalam mempersiapkan IKA IKOPIN sebagai organisasi modern.

Kita berharap siapa pun yang maju dalam bursa calon Ketua Umum IKA IKOPIN untuk menghentikan cara-cara politik yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Persaudaraan dan persahabatan sesama alumni lebih tinggi nilainya dari jabatan Ketua Umum IKA IKOPIN.

Merangkul bukan memukul.
Maju tanpa menyingkirkan.
Naik tinggi tanpa menjatuhkan.
Berbahagia tanpa menyakiti.
Saatnya kita gelar festival gagasan.
Kita sarjana bukan sarjana kekanak-kanakan.

Jayalah IKOPINku
Majulah tinggi IKA IKOPINku
Bersama Kita Bahagia

Bandung, 16 Shafar 1443/23 September 2021