Heboh Wisata Borobudur Haram, Ganjar Singgung Kunjungan Raja Malaysia

Uncategorized

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, angkat bicara soal heboh Ustaz Sofyan Chalid menyebut wisata ke Candi Borobudur haram. Ganjar menyebut siapa saja bisa datang ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

“Boleh siapapun, agama apapun datang,” kata Ganjar kepada detikcom saat ditemui di kantornya, Semarang, Selasa (14/9/2021).

Ganjar lalu menyinggung kunjungan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong XVI Al-Sultan Abdullah Al-Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta’in Billah yang pernah wisata ke Candi Borobudur bersama keluarganya pada 2019 lalu. Ganjar menyebut Raja Malaysia yang beragama Islam itupun mengagumi keindahan Candi Borobudur.

“Yang di-Pertuan Agong, Raja Malaysia, yang negaranya begitu (muslim) aja datang kok,” tegasnya.

Untuk diketahui, video Ustaz Sofyan yang ramai beredar itu tayang pada 3 September 2018 lalu, salah satu pengunggahnya akun YouTube Bismmillah Every***.

Dalam video itu Sofyan tampak membaca secarik kertas yang berisi pertanyaan, ‘Apa hukumnya wisata ke tempat ibadah orang kafir contohnya Candi Borobudur?’.

“Hukumnya haram, karena itu termasuk persetujuan terhadap peribadahan mereka makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama orang yang menghina agama. Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka kamu seperti mereka,” jawab Sofyan seperti dikutip detikcom dalam video tersebut, Senin (13/9).

“Hadirnya kita di situ artinya persetujuan terhadap dia, kalau kita hadir di tempat peribadahan orang kafir sama saja berarti setuju dengan mereka walaupun hati kita nggak setuju tapi kehadiran kita adalah persetujuan itu sendiri. Kita nggak boleh hadir ke situ kecuali untuk satu tujuan, mau membubarkan orang yang beribadah selain kepada Allah,” imbuhnya.

Video pendek ini menuai beragam reaksi dari netizen. Di antaranya komentar tersebut banyak juga yang tidak setuju dengan pernyataan Sofyan.

“Islam itu toleran dl ada banser yg rela mati demi umat nasrani yg sedang menjalankan ibadah hayo tat itu hukumnya apa….wes to damai itu indah,” tulis akun Tommy Y.

“Aku bangga ada Borobudur…. Hebat nian karya nenek moyangku, hingga kini banyak manusia memperoleh Rizki dari keberadaan nya, Semoga amal ibadahnya diterima disisiNya,” tulis akun Lohjinawi MTsN 2 PWR.

[detikcom]