Pemkab Langkat Gelar Upacara Pembekalan Calon Paskibraka

Uncategorized
Langkat-Suara Nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar upacara pembukaan pembekalan dan pelatihan calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) Kabupaten Langkat, di Aula Gedung Akper PAL Stabat, Selasa (3/8/2021).

 

Upacara ini, dipimpin Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wabup Langkat H. Syah Affandin.  

 

Pada amanatnya, Wabup megharapkan keseriusan yang lebih pada pelatihan ini, sebab selain untuk bertugas mengibarkan duplikat sang Merah Putih pada upacara HUT RI ke 76 di Alun – Alun T. Amir Hamzah Stabat, pada 17 Agustus 2021.

Foto: Adam

 

Peserta Paskibraka  ini, juga calon  pemimpin Kabupaten Langkat, yang akan meneruskan estapet kepemimpinan di Negeri Bertuah dimasa mendatang. 

 

“Jadi harus dipersiapkan mentalnya dengan baik,” imbuhnya 

 

Untuk itu, Wabup meminta kepada seluruh peserta agar giat berlatih, agar semakin dekat dengan keberhasilan saat menjalankan tugas.

 

“Lebih baik bermandikan keringat diwaktu latihan, dari pada bercucuran air mata karena penyesalan dalam kegagalan,” tandasnya. 

 

Sembari menyampaikan, beban berat yang diemban, akan terasa ringan apabila dijalani dengan tulus, Ihklas serta sungguh- sungguh melaksanakannya. 

Foto: Adam

 

Sementara,  penanggung jawab kegiatan, Ede Audia Helmi sekaligus Kabid Bina Kepemudaan Dispora Langkat, menjelaskan, peserta Paskibra adalah siswa – siswi terbaik dari SMA/SMK/MA Sederajat Langkat,  terpilih melalui seleksi yang ketat. 

 

Dijelaskannya, penjaringan dan penyaringan diambil dari 4 wilayah pelaksanaan. Jumlah peserta ikut seleksi sebanyak 1009 orang, terdiri dari putra 540 dan 469 putri. 

 

“Mereka berasal dari 86  SMA/SMK/MA sederajat di Langkat, yang diutus dari masing-masing sekolahnya,” papar Ade. 

Foto: Adam

 

Hingga akhir seleksi tingkat Kabupaten, sebut Ade, hanya menyisakan peserta sebanyak 60 orang, terdiri dari 27 putra dan 31 putri yang berasal dari 25 sekolah di 16 Kecamatan yang ada di Langkat. 

 

Selanjutnya, Ade menyampaikan, para peserta yang lolos akan dikarantina untuk pelatihan dan pembekalan.

 

Selama dalam masa karantina, para peserta akan mengikuti materi pelatihan Paskibraka. Diantaranya materi bela negara,peran pelajar dalam menjaga ketertiban nusantara, narkoba dan penyakit menular seksual. 

Foto: Adam

 

Serta materi tentang kependidikan,  peran serta pemuda pemudi, motivasi dan semangat kepemudaan, dasar- dasar peraturan baris berbaris dan teknik, serta materi formasi pasukan pengibar bendera merah putih.

 

Turut hadir  Plt. Kadispora Langkat H. Saiful Abdi, Kadis Kominfo H. Syahmadi, Danramil 07 Stabat Kapten Arh. Irohma Harahap mewakili Dandim 0203/Lkt, Kasat Sabara AKP Binsar Aritonang mewakili Kapolres Langkat dan para peserta Calon Paskibraka Langkat. (Adam)