Armando D’Akidi Tio

Uncategorized

by M Rizal Fadillah

Keluarga Akidi Tio membuat heboh jagat bangsa yang sedang prihatin menghadapi pandemi covid 19 karena secara pribadi keluarga ini menyumbangkan 2 Trilyun rupiah untuk mengatasi pandemi di Sumatera Selatan. Altruisme yang dipuji banyak pihak sebagai teladan.

Ade Armando dosen UI yang sangat berprestasi dan membuat bangga UI dan dunia akademik “sejagat” ikut memuji keluarga Akidi Tio. “2 Trilyun rupiah lho, bukan 2 milyar uang semua gak pake pasir” ujarnya. Sambil menegaskan bahwa Akidi Tio adalah pengusaha Tionghoa.

Tidak lengkap jika puja-puji Ade ini tidak ditambah dengan nyinyir kepada umat Islam sebagaimana kebiasaannya. Ia menyebut “ini satu lagi tambahan contoh untuk menantang kelompok-kelompok muslim pribumi yang selalu menjelekkan Tionghoa. Saya mau bilang ini sumbangan pengusaha Tionghoa, mana sumbanganmu ?”. Hebat dan mantap sekali si Ade ini bekoar.

Akan tetapi tak lama setelahnya terungkap bahwa sumbangan 2 Trilyun itu hanya prank saja. Anak Akidi Tio ditangkap dan harus berurusan dengan aparat Kepolisian. Nah kini jelaslah bagi Ade Armando bahwa pengusaha Tionghoa itu tukang tipu dan jika Ade tidak meralat omongannya maka di samping ia tertipu, juga sadar atau tidak ia menjadi bagian dari penipuan itu.

Banyak uang negara ini telah dicuri oleh para pengusaha Tionghoa, De ! Coba cek data korupsi di negerimu siapa koruptor kakap perampok uang rakyat itu ? Para pengusaha Tionghoa ! Ratusan Trilyun duit semua, gak pake pasir.
Baru nyumbang 2 Trilyun sudah dipuja-puji pake nyinyir kepada muslim segala. Ternyata Ade Armando “cerdas” sekali dalam membuktikan bahwa ternyata 2 Trilyun itu pasir semua gak pake duit.

Ade ini selalu nyinyir kepada umat Islam, orang jadi bertanya Ade Armando ini agamanya apa, muslim bukan ? Baru-baru ini ia mencuit provokatif soal agama pemain bulu tangkis Anthoni Ginting pasca kekalahan di Olimpiade “Eh Ginting itu Islam atau Kristen ? Ya Kristen laah..ooh” Apa kaitan agama dengan menang atau kalah dalam bulu tangkis? Aneh benaknya selalu diisi dengan fikiran buruk soal agama.

Moga bukan pasir dan duit isi otaknya. Kini Ade kena batunya, menikmati prank pengusaha Tionghoa. Semestinya ia malu dan meminta maaf. Tetapi jika rasa malu itu telah hilang dari pribadinya, maka semua nilai-nilai baik dalam beragama dan bernegara bisa dengan enteng diabaikan. Besok mungkin cuitan-cuitan nyinyir Ade akan kita jumpai lagi.
Bravo Ade Armando D’Mukidi eh D’Akidi Tio.

*) Pemerhati Politik dan Kebangsaan

Bandung, 3 Agustus 2021