Dokter Berlian Idris Pertanyakan Landasan Ilmiah Makan 20 Menit di Warung Makan selama PPKM Level 4

Uncategorized

Pemerintah tidak memberikan penjelasan ilmiah makan di warteg atau warung makan hanya 20 menit selama PPKM Level 4.

“Serius nanya, ada yang tau landasan ilmiah waktu makan 20 menit ini?” tanya dokter Berlian Idris di akun Twitter-nya @berlianidris.

Peraih doctor of science (DSc), Rotterdam, Belanda ini mengungkapkan seperti itu menanggapi berita di detik berjudul “PPKM Level 4 Disesuaikan, Waktu Makan di Warung Makan 20 Menit”.

Ia mengatakan, kalau makannya di dalam ruangan, apalagi tertutup, untuk varian delta 5 menit saja udah ngeri-ngeri sedap.

“Sebaliknya, kalau di luar ruangan (outdoor), dengan jarak yang cukup antar pelanggan, mungkin masih aman meski lebih dari 20 menit,” jelasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan PPKM level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Warung makan diperbolehkan buka dengan waktu makan untuk setiap pengunjung selama 20 menit.

“Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 WIB,” kata Jokowi dalam paparan media secara online, Minggu (25/7/2021).

“Dan waktu maksimum makan untuk setiap pengunjung 20 menit,” lanjut Jokowi.