Kolonel (Purn) Sugeng Waras: Rakyat Nilai Rezim Jokowi Gagal Laksanakan PPKM Darurat

Uncategorized

Masyarakat menilai kebijakan Rezim Jokowi gagal dalam penerapan PPKM Darurat untuk mengatasi Covid-19. Hal ini dibuktikan adanya demo dari rakyat di berbagai daerah.

“Masyarakat yang merasakan dan menilai kegagalan PPKM Darurat dengan wujud penolakan dan perlawanan di beberapa daerah,” kata Kolonel (Purn) Sugeng Waras kepada www.suaranasional.com, Jumat (23/7/2021).

Kata Sugeng Waras, rakyat menilai adanya diskriminasi dalam pelaksanaan PPKM Darurat di mana TKA China dibiarkan masuk ke Indonesia tetapi warganya dilarang berjualan.

“Praktek kekerasan dan tekanan dari petugas PPKM di satu sisi, dan pengabaian serta kebebasan/ kelonggaran TKA China yang masuk ke Indonesia pada saat pelaksanaan PPKM di sisi lain,” jelas Sugeng Waras.

Rakyat juga menilai, bahwa pemerintah hanya mampu membatasi kegiatan masyarakat, tapi tidak mampu mengatasi kesulitan dan penderitaan rakyat, meskipun belakangan ada kucuran bansos dari pemerintah yang dirasa terlambat, yang berkesimpulan PPKM Darurat tidak efektif

Dari kacamata asing, kata Sugeng Waras menilai kurang efektifnya PPKM Darurat ditandai dengan adanya penarikan beberapa warganya yang dievakuasi ke negaranya.

“Dari kacamata wilayah juga menilai, kenapa pandemi Covid -19 yang telah menjamah seantero dunia termasuk Nusantara ini, tidak dilaksanakan secara serentak bersamaan, yang hanya diargumeni pembenaran dari pemerintah sendiri,” pungkasnya.