Pengamat: Julukan dari Berbagai BEM Menohok Jokowi

Uncategorized

BEM perguruan tinggi bergiliran memberi julukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini BEM Udayana menjulukinya The Guardian of Oligarch.

“Julukan tersebut tentu sangat menohok. Jokowi dinilai seolah-olah dikelilingi para oligark,” kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada www.suaranasional.com, Rabu (21/7/2021).

Kata Jamiluddin, keputusan yang diambil Jokowi juga seolah-olah dipengaruhi para oligark. Karena itu, Jokowi dinilai lebih berpihak kepada oligark daripada rakyat kebanyakan.

“Selentingan semacam itu sebenarnya sudah lama nyaring terdengar. Jokowi diisukan dikelilingi sembilan naga. Mereka inilah yang dirumorkan menentukan arah politik dan ekonomi di tanah air,” ungkapnya.

Karena semuanya berupa selentingan, tentu sulit mendapatkan buktinya. Namun rumor itu terus berkembang dari mulut ke mulut hingga saat ini.

Kata Jamiluddin, untuk menjernihkan selentingan atau rumor tersebut, tentu sangat bijaksana kalau Jokowi menjelaskan duduk persoalan sebenarnya. Jokowi dapat menjelaskannya secara gamblang benar tidaknya sembilan naga tersebut menjadi para oligark yang banyak menentukan arah politik dan ekonomi Indonesia.

“Dengan penjelasan Jokowi, diharapkan selentingan itu jadi terbantahkan. Para mahasiswa pun, seperti BEM Udaya, mendapat klarifikasi yang jelas dan langsung dari Jokowi,” pungkasnya.

Ia mengatakan, klarifikasi Jokowi juga dapat membersihkan dirinya dari semua julukan negatif kepadanya. “Ini akan meringankan langkahnya meninggalkan Istana pasca masa baktinya berakhir 2024,” pungkasnya.