Bukan Hanya ke Anies, Pengamat: Ketua KPK Harus Tegas ke Harun Masiku & Anggota DPR yang Terlibat Kasus Bansos

Uncategorized

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri harus tegas kepada Harun Masiku dan anggota DPR yang terlibat kasus korupsi bansos.

“Bukan hanya ke Anies yang akan diperiksa kasus pengadaan tanah di Munjul, Ketua KPK juga harus tegas kepada Harun Masiku dan anggota DPR yang terlibat korupsi bansos,” kata pengamat kebijakan publik Amir Hamzah kepada www.suaranasional.com, Selasa (20/7/2021).

Kata Amir, publik mempertanyakan sikap Ketua KPK Firli Bahuri yang tidak berusaha mencari Harun Masiku. “Belum lagi nama-nama anggota DPR yang terlibat dalam kasus korupsi bansos belum juga ditetapkan statusnya,” ungkapnya.

Rencana KPK memanggil Anies, kata Amir merupakan hal biasa dan normatif. “Anies pernah diperiksa kasus kerumunan Habib Rizieq Syihab dan tidak masalah. Untuk kasus pengadaan tanah di Muncul, Anies sama sekali tidak terlibat,” papar Amir.

Ia mengatakan, pemeriksaan Anies oleh KPK bisa menjadi bahan lawan politik Gubernur DKI Jakarta untuk mendelegitimasi. “Ketika Anies diperiksa KPK, lawan politik Anies langsung menuding mantan Rektor Universitas Paramadina itu terlibat korupsi,” jelasnya.

KPK yang akan memeriksa Anies dalam kasus pengadaan tanah di Munjul, kata Amir, publik bisa menilai lembaga antirasuah itu bermain politik. “Ketua KPK Firli Bahuri sendiri bermasalah pernah mendapat surat peringatan dari Dewan Pengawas. Belum lagi persoalan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bagi pegawai KPK yang dianggap kedok untuk menyingkirkan pegawai yang mempunyai integritas,” paparnya.