Jokowi: Pemerintah Tidak Bisa Menyelesaikan Masalah Covid-19 Sendirian

Uncategorized

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara doa bersama secara daring dengan tajuk #PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia yang digelar Kementerian Agama (Kemenag), Ahad, 11 Juli 2021. Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan bahwa pemerintah tidak bisa menyelesaikan pandemi Covid-19 sendirian, perlu kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat.



“Kita masih terus berjuang untuk bebas dari pandemi Covid-19. Penyebaran virus masih terus terjadi, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendirian, semua pihak harus berkolaborasi, bekerjasama saling tolong-menolong, bergotong-royong untuk mengatasi ujian yang maha berat ini,” ujar Jokowi seperti ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Ahad, 11 Juli 2021.





Jokowi menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang setia membangun optimisme dan semangat kebersamaan dalam berbagai gerakan kerelawanan sosial dan ekonomi demi meringankan beban masyarakat di tengah pagebluk ini.



“Saya sangat bersyukur pandangan ormas-ormas keagamaan senapas dengan kepentingan untuk menjaga kepatuhan umat dalam melaksanakan protokol kesehatan. Kerja keras pemerintah mengatasi persoalan wabah Covid-1919 ini tidak mungkin berhasil tanpa dukungan dan kesadaran serta partisipasi masyarakat,” ujar Jokowi.



Dalam menghadapi situasi sulit ini, lanjut Jokowi, selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah, pemerintah juga mengajak masyarakat melakukan ikhtiar batiniah dengan memanjatkan doa memohon pertolongan Tuhan YME agar dunia segera terbebas dari pandemi.



Presiden Jokowi atas nama pribadi dan pemerintah serta negara juga menyampaikan duka cita yang mendalam kepada semua korban pandemi yang telah meninggal.



“Kita doakan juga semoga semua saudara dan saudari kita yang terpapar Covid-19 segera diberikan pulih kembali. Dari rumah masing-masing mari kita tundukkan kepala, mengheningkan cipta, doa dari rumah kita panjatkan dan berikhtiar agar ujian pandemi ini segera berakhir,” ujar Jokowi.



Jokowi mengajak seluruh masyarakat berperan meyakinkan keluarga dan lingkungan terdekat agar beraktivitas di rumah saja. “Mengatasi persoalan Covid-19 merupakan ijtihad kebangsaan kita hari ini, karena bertujuan menyelamatkan jiwa dan kemaslahatan kita bersama,” tuturnya.



(Tempo.co)