Politikus PDIP Nilai Ada Keinginan Rakyat Jokowi 3 Periode

Uncategorized

Rakyat Indonesia menghendaki Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat tiga periode.

“Ketakutan nie ye adanya Wacana Bapak Joko Widodo 3 Priode Presiden RI. Yang ketakutan sebelumnya mengatakan Jokowi akan turun ditengah jalan sebelum 2024,” kata Ruhut Sitompul di akun Twitter-nya.

Kata Ruhut, rakyat menghendaki Jokowi menjabat tiga periode. “Terlihat mereka dikejar bayang-bayangnya sendiri dan mengenai 3 Priode itu maunya Rakyat. Ingat ‘Suara Rakyat Suara Tuhan’. MERDEKA,” sambungnya.

Wacana jabatan presiden akan diperpanjang menjadi tiga periode memamg beberapa kali muncul ke permukaan.

Salah satu pihak yang cukup gencar mengangkat isu Jokowi tiga periode adalah Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari.

Ia menilai bahwa saat ini Presiden Jokowi tidak ingin memimpin tiga periode sebab hal itu masih terbentur dengan amendemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Ya, beliau bicara normatif saja karena amendemen UUD 1945 kan hanya menyatakan dua periode,” kata Qodari, Sabtu (19/6/2021) dikutip dari Republika.

“Kalau nanti bisa diubah tiga periode, saya kira Pak Jokowi tidak bisa menolak. Apalagi kalau partai politik, seperti PDIP, yang meminta beliau maju. Pada 2024 ini, lebih aman dan pasti Jokowi yang maju daripada kombinasi yang lain,” lanjutnya.

Sebelumnya, Jokowi memang telah beberapa kali menegaskan bahwa ia tidak berminat melanjutkan jabatannya ke periode ketiga.

“Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak berminat juga menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanatkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama,” kata Jokowi, Senin (15/6/2021) dikutip dari CNN Indonesia.