Covid-19 Melonjak, Istana: Akibat Rakyat tak Patuh Pemerintah

Uncategorized

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, meningkatnya Covid-19 akibat rakyat tidak patuh kepada pemerintah dengan melakukan mudik saat lebaran.

“Ini fakta yang berulang-ulang diingatkan, berbusa-busa mulutnya Presiden mengingatkan,” kata Ngabalin, Ahad (21/6/2021) dikutip dari kompas.com.

Pemerintah, kata dia, juga menerbitkan larangan mudik Lebaran untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Tapi masih saja terus menerus seperti ini. Inilah akibat yang harus ditanggung. Ini tidak bisa cuma pemerintah harus tanggung bersama-sama,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Ngabalin juga menanggapi adanya usulan lockdown dari sejumlah pihak. Menurutnya, normal apabila ada usulan karantina wilayah secara total tersebut.

Ngabalin memastikan dalam memutuskan kebijakan penanganan pandemi ini, Presiden Jokowi, memiliki pertimbangan khusus. Apalagi pemerintah sudah memiliki pengalaman dalam penanganan pandemi yang telah berlangsung lebih dari setahun.

“Normal saja, tingkat kekhawatiran pihak-pihak yang mengusulkan untuk lockdown normal saja. Tapi kita kan sudah punya pengalaman,” kata Ngabalin.