Donasi Masih Berlangsung, Warga Muhammadiyah Kota Bogor Menyumbang Palestina Terbagi ke Lembaga Lain

Uncategorized

Warga Muhammadiyah Kota Bogor berpartisipasi untuk menyumbang Palestina terbagi ke lembaga lain seperi ACT, Mer-C, Dompet Dhuafa maupun lainnya. Muhammadiyah Kota Bogor membuka sumbangan Palestina melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Furqon.

“Bantuan untuk Palestina dari warga Muhamamdiyah Kota Bogor dikoordinasi melalui DKM Kota Al Furqon sampai tadi malam sekitar Rp8 juta. Ini karena ada yang menyumbang melalui lembaga kemanusiaan lainnya. Istilahnya dibagi-bagi,” kata kata Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah Kota Bogor Ustadz Maizar Madsury Lc, M.Pd kepada www.suaranasional.com, Ahad (23/5/2021).

Menurut Ustadz Maizar, Muhammadiyah Kota Bogor sesuai arahan dari PP Muhammadiyah menyatakan membela Palestina berdasarkan persaudaraan agama dan amanat Konstitusi Bangsa Indonesia. “Dalam konstitusi UUD 45 bahwa penjajahan harus dihapuskan. Dari segi kemanusiaan, korban dari rakyat Palestina mulai dari anak-anak sampai perempuan harus dibela haknya,” ungkapnya.

Ustadz Maizar mengatakan, Muhammadiyah Kota Bogor bersama ormas Islam lainnya menyatakan mendukung Palestina. “Kegiatan ini dilaksanakan di kantor MUI Kota Bogor,” papar Ustadz Maizar.

Kata Ustadz Maizar, Muhammadiyah Kota Bogor bersama dengan Pemkot dan DPRD Kota menyatakan dukungan terhadap Palestina di Taman Kreasi. “Kita akan mengadakan acara halal bihal pekan ketiga Syawal untuk donasi warga Palestina dengan rencana mengundang Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ustadz Fathurrahman Kamal sebagai pembicara,” jelas Ustadz Maizar.

Kegiatan halal bihalal, menurut Ustadz Maizar dilaksanakan secara daring maupun tatap muka secara langsung.

Ia mengatakan, sumbangan warga Muhammadiyah Kota Bogor untuk Palestina akan dikumpulkan lebih dulu ke Lazismu Kota Bogor. “Kemudian dari Lazismu Kota Bogor menyalurkan ke Lazismu Pusat Muhammadiyah,” ungkapnya.

Sampai tulisan ini dimuat, baru 13 orang yang menyumbang di DKM Al Furqon untuk warga Palestina di antaranya:

1. M. Taufiq Daud 2,2 jt ✅
2. Suherlan 500 rb. ✅
3. Dharsono 300 rb. ✅
4. Masum 100 rb
5. Taufik Tirka 250 rb ✅
6. Teddy Khumaedi 100 rb ✅
7. Fathony AS 250 rb ✅
8. Rahmat Saptono 500 rb ✅
9. Tri Atmojo 200 rb ✅
10. Parmiyatun 250 rb ✅
11. Sugijanto 1 jt ✅
12. Sopan E. 750 rb ✅
13. Hasanul Ashari Lubis 1 jt ✅

Muhammadiyah di berbagai daerah begitu banyak dan cepat dalam menggalang dana untuk Palestina. Suara Nasional mendapat informasi, Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan sudah menggumpulkan Rp100 juta untuk Palestina.

Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar bisa mengumpulkan dana Palestina Rp36 juta dalam waktu empat jam.

“Setelah empat jam dibuka donasi sudah ada lima Kantor Layanan yang melakukan update perkembangan donasi, ada sekitar 36 juta dana yangg sudah terhimpun. Tentunya ini belum menggambarkan secara keseluruhan, karena semua Kantor Layanan masih terus bergerak. Kami akan selalu menyampaikan perkembangan informasi penghimpunan donasi, sebelum nantinya akan disalurkan secara berjenjang melalui Kantor Wilayah dan Kantor Pimpinan Pusat untuk diserahkan kepada perwakilan resmi Negara Palestina,” kata Direktur Lazismu Karanganyar Ahmad Zaki Mustofa.

Muhammadiyah Kabupaten Kudus sudah mengumpulkan dana untuk Palestina Rp100 juta. “Sudah terkumpul sekitar 100 juta melalui Lazismu Kudus,” kata kader Muhammadiyah Kabupaten Kudus Zulfikri kepada suaranasional, Ahad (23/5/2021).